Rangkuman IPS Kelas 8 Bab 4 Perubahan Masyarakat Indonesia Pada Masa Penjajahan Dan Tumbuhnya Semangat Kebangsaan

Rangkuman  IPS Kelas 8 -Masih belum faham dengan materi Rangkuman IPS Kelas 8 Bab 4 Perubahan Masyarakat Indonesia Pada Masa Penjajahan Dan Tumbuhnya Semangat Kebangsaan

Rangkuman IPS Kelas 8 Bab 4

Penjajahan menyebabkan penderitaan bangsa Indonesia. Rakyat di berbagai
daerah berusaha mengusir penjajah dari bumi pertiwi, tetapi seringkali gagal.

Bangsa Indonesia sadar bahwa perlawanan di berbagai daerah gagal mengusir penjajah karena kurangnya persatuan dan kesatuan.

Pada awal abad XX, bangsa Indonesia menemukan strategi baru perjuangan kemerdekaan, yakni melalui organisasi pergerakan nasional.

Pergerakan nasional merupakan perjuangan mencapai kemerdekaan dengan organisasi modern dan melalui berbagai cara. Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928 merupakan tonggak penting gerakan persatuan nasional.

Semangat persatuan dan tekad bangsa Indonesia untuk merdeka dikabulkan Tuhan Yang Maha Esa. Pada tanggal 17 Agustus 1945, bangsa Indonesia memproklamasikan kemerdekaan.

Berikut Rangkuman IPS Bab 4 Perubahan Masyarakat Indonesia Pada Masa Penjajahan Dan Tumbuhnya Semangat Kebangsaan

Kedatangan bangsa-bangsa Barat ke Indonesia telah menyebabkan kolonialisme dan imperialisme. Hidup dalam penjajahan menyebabkan penderitaan rakyat dalam berbagai bidang.

Perubahan yang terjadi pada masa kolonial lebilh banyak merugikan
bangsa Indonesia. Pemerintah kolonial tidak memiliki perhatian serius untuk
memajukan negeri jajahan.

2 komentar pada “Rangkuman IPS Kelas 8 Bab 4 Perubahan Masyarakat Indonesia Pada Masa Penjajahan Dan Tumbuhnya Semangat Kebangsaan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.