Rangkuman IPA Kelas 7 Pencemaran Lingkungan

Rangkuman IPA Kelas 7-Masih belum faham dengan materi BAB 3 Pencemaran Lingkungan yang ada di kelas 7, Kalian jangan hawatir di sini saya akan membagikan rangkumannya.

Pada materi tersesbut dapat di kelompokan menjadi beberapa bagian yaitu :Pencemaran, Air, Udara, Tanah,
Lingkungan, Polutan, Tercemar, Ekosistem,Limbah, Limbah Rumah Tangga, Limbah Industri, dan Limbah Pertanian

Pada Bab 2 ini, kamu akan mempelajari Pencemaran Lingkungan. Manusia mempunyai keinginan
untuk meningkatkan kesejahteraan hidup.

Bagaimana caranya? Di antaranya dengan mendirikan pabrikpabrik yang dapat mengolah hasil alam
menjadi bahan pangan dan sandang.

Rangkuman IPA Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan

Rangkuman IPA Kelas 7 – BAB 1 Sistem Organisasi Kehidupan Makhluk Hidup

Pesatnya kemajuan teknologi dan industrialisasi berpengaruh terhadap kualitas lingkungan. Munculnya pabrik-pabrik yang menghasilkan asap dan limbah buangan dapat mengakibatkan pencemaran lingkungan

Terjadinya реrubаhаn lіngkungаn аkаn mеmеngаruhі kеbеrаdааn atau kеlаngѕungаn makhluk hіduр уаng аdа di dаlаmnуа. Mаkhluk hіduр pada ѕuаtu lіngkungаn ѕеlаlu tеrgаntung antara satu dеngаn уаng lаіn.

Olеh kаrеnа іtu, араbіlа аdа ѕаlаh ѕаtu kоmроnеn yang bеrubаh, mаkа аkаn mеnуеbаbkаn реrubаhаn раdа makhluk hіduр lаіn уаng tidak mаmрu bеrаdарtаѕі dеngаn perubahan уаng tеrjаdі.

A. Definisi Pencemaran

Pencemaran lingkungan merupakan satu dari beberapa faktor yang dapatmemengaruhi kualitas lingkungan. Pencemaran lingkungan merupakan segala sesuatu baik berupa bahan-bahan fisika maupun kimia yang dapat mengganggu keseimbangan ekosistem. Menurut UU RI Nomor 23 Tahun 1997,

pencemaran lingkungan adalah masuknya atau dimasukkannya makhluk hidup, zat, energi, dan/atau
komponen lain ke dalam lingkungan hidup oleh kegiatan manusia sehingga kualitasnya turun sampai ke tingkat
tertentu yang menyebabkan lingkungan hidup tidak dapat berfungsi sesuai dengan peruntukannya.

Jadi, pencemaran lingkungan terjadi akibat dari kumpulan kegiatan manusia  dan bukan dari kegiatan perorangan .

Selain itu, pencemaran dapat diakibatkan oleh faktor alam, contoh gunung meletus yang menimbulkan abu vulkanik. Seperti meletusnya Gunung Merapi.

Kapan suatu zat dapat dikatakan sebagai polutan?
1) kadarnya melebihi batas kadar normal atau diambang batas;
2) berada pada waktu yang tidak tepat;
3) berada pada tempat yang tidak semestinya

B. Pencemaran Air

Dalam kehidupan sehari-hari, makhluk hidup selalu membutuhkan air, termasuk manusia. Kita sangat membutuhkan air bersih untuk berbagai kegiatan, antara lain minum, mandi, mencuci, memasak, dan
sebagainya.

Salah satu ciri air bersih adalah tidak tercemar. Bagaimana air dikatakan tercemar? Air dikatakan tercemar apabila air itu sudah berubah, baik warna, bau, maupun rasanya. Sesuai dengan hasil kegiatanmu, air yang tercemar memiliki keasaman yang berbeda dengan air yang tidak tercemar.

Pencemaran air, yaitu masuknya makhluk hidup, zat, energi atau komponen lain ke dalam air. Akibatnya, kualitas air turun sampai ke tingkat tertentu yang menyebabkan air tidak berfungsi lagi sesuai dengan peruntukannya.

1. Faktor Penyebab Pencemaran Air
Pencemaran air dapat terjadi pada sumber mata air, sumur, sungai, rawa-rawa, danau, dan laut. Bahan pencemaran air dapat berasal dari limbah industri, limbah rumah tangga, dan limbah pertanian.

a. Limbah Industri
Air limbah industri cenderung mengandung zat berbahaya. Oleh karena itu, kita harus mencegahnya agar tidak membuang air limbah industri ke saluran umum. Kegiatan industri selain menghasilkan produk utama (bahan jadi), juga menghasilkan produk sampingan yang tidak terpakai, yaitu limbah.

Jenis limbah yang berasal dari industri dapat berupa limbah organik yang bau seperti limbah
pabrik tekstil atau limbah pabrik kertas.

b. Limbah Rumah Tangga

Limbah rumah tangga  merupakan limbah yang berasal dari hasil samping kegiatan perumahan.
Seperti limbah rumah tangga, pasar,perkantoran, rumah penginapan (hotel), rumah makan, dan puing-puing bahan bangunan serta besi-besi tua bekas mesin-mesin atau kendaraan.

Limbah rumah tangga dapat berasal dari bahan organik, anorganik, maupun bahan berbahaya dan beracun.

c. Limbah Pertanian

Air limbah pertanian sebenarnya tidak menimbulkan dampak negatif pada lingkungan. Namun dengan digunakannya fertilizer sebagai pestisida yang kadangkadang dilakukan secara berlebihan, sering menimbulkan dampak negatif pada keseimbangan ekosistem air.

2. Dampak Pencemaran Air

Air limbah yang tidak dikelola dengan baik akan menimbulkan dampak yang tidak menguntungkan bagi lingkungan, seperti hal-hal berikut:

a. Penurunan Kualitas Lingkungan
Pembuangan bahan tercemar secara langsung ke dalam perairan dapatn menyebabkan terjadinya pencemaran pada perairan tersebut.

Misalnya,pembuangan limbah organik dapat menyebabkan peningkatan mikroorganisme atau kesuburan tanaman air, sehingga menghambat masuknya cahaya matahari ke dalam air.

Hal ini menyebabkan berkurangnya kandungan oksigen terlarut dalam air, sehingga mengganggu keseimbangan ekosistem di dalamnya.

b. Gangguan Kesehatan

Air limbah yang tidak dikelola dengan baik akan menimbulkan berbagai
penyakit. Tidak menutup kemungkinan di dalam air limbah tersebut mengandung virus dan bakteri yang menyebabkan penyakit. Air limbah juga bisa digunakan sebagai sarang nyamuk dan lalat yang dapat membawa (vektor) penyakit tertentu.

Berikut dijabarkan beberapa penyakit yang disebabkan oleh pencemaran air.

Itulah Rangkuman IPA Kelas 7 Pencemaran Lingkungan, Semoga bermanfaat 

 

3 komentar pada “Rangkuman IPA Kelas 7 Pencemaran Lingkungan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.