Rangkuman IPA Kelas 7 BAB 1 Objek IPA dan Pengamatannya

Rangkuman IPA Kelas 7-Masih belum faham dengan materi BAB 1 Objek IPA dan Pengamatannya, Kalian jangan hawatir di sini saya akan membagikan rangkumannya.

Pada materi tersesbut dapat di kelompokan menjadi beberapa bagian yaitu :

  • Pengamatan, Pengukuran, Besaran, Satuan, Sistem Internasional, Besaran Pokok, Besaran Turunan

[quads id=3]

Berikut Rangkuman IPA Kelas 7 – BAB 1 Objek IPA dan Pengamatannya

A. Penyelidikan IPA

Penyelidikan yang kita pelajarai meliputi Objek yang dipelajari dalam IPA meliputi seluruh benda di alam dengan segalainteraksinya untuk dipelajari pola-pola keteraturannya.

Objek tersebut dapat berupa benda yang sangat kecil (renik), misalnya bakteri, virus, bahkan partikel-partikel penyusun atom, juga dapat berupa benda-benda yang berukuran sangat besar, misalnya lautan, bumi, matahari hingga jagat raya ini.

Perlu Diketahui
Pada saat ini, penyelidikan tentang alam telah menghasilkan kumpulan
pengetahuan yang demikian kompleks. Untuk memudahkan, pengetahuan-pengetahuan tersebut digolongkan menjadi empat (4), yaitu
sebagai berikut.
1) Fisika, mempelajari tentang aspek mendasar alam, misalnya materi,
energi, gaya, gerak,panas, cahaya, dan berbagai gejala alam fisik lainnya.
2) Kimia, meliputi penyelidikan tentang penyusun dan perubahan zat.
3) Biologi, mempelajari tentang sistem kehidupan mulai dari ukuran renik
sampai dengan lingkungan yang sangat luas.
4) Ilmu Bumi dan Antariksa, mempelajari asal mula bumi, perkembangan
dan keadaan saat ini, bintang-bintang, planet-planet, dan berbagai
benda langit lainnya.

B. Pengukuran sebagai Bagian dari Pengamatan

Pengamatan objek dengan menggunakan indra merupakan kegiatan yang penting untuk menghasilkan deskripsi suatu benda. Akan tetapi, seringkali pengamatan seperti itu tidak cukup.

[quads id=3]

1. Pengukuran

Mengukur merupakan kegiatan penting dalam kehidupan dan kegiatan utama di dalam
IPA. Contoh, kamu hendak mendeskripsikan suatu benda, misalnya mendeskripsikan dirimu. Kemungkinan besar kamu akan menyertakan tinggi badan, umur, massa tubuh, dan lain-lain.

Misalnya, kamu melakukan pengukuran panjang meja dengan jengkalmu. Dengan  demikian, kamu harus membandingkan panjang meja dengan panjang jengkalmu. Jengkalmu digunakan sebagai satuan pengukuran. Misalnya, hasil pengukurannya yaitu panjang meja sama dengan 6 jengkal

2. Besaran Pokok

a. Panjang
Dalam IPA, panjang menyatakan jarak antara dua titik. Misalnya, panjang papan tulis adalah jarak antara titik pada ujung-ujung papan tulis, panjang bayi yang baru lahir adalah jarak dari ujung kaki sampai ujung kepala bayi itu.

Panjang menggunakan satuan dasar (SI) meter (m). Satu meter standar (baku) sama dengan jarak yang ditempuh cahaya dalam ruang hampa selama 1/299.792.458 sekon.

Latihan Soal IPA kelas 7 BAB 3 Klasifikasi Materi dan Perubahannya

Rangkuman IPA Kelas 7-BAB 3 Klasifikasi Materi Dan Perubahannya

b. Massa

Setiap benda tersusun dari materi. Jumlah materi yang terkandung dalam suatu benda disebut massa benda. Dalam SI, massa diukur dalam satuan kilogram (kg). Misalnya, massa tubuhmu 52 kg, massa seekor kelinci 3 kg, massa sekantong gula 1 kg.

Dalam kehidupan sehari-hari, orang menggunakan istilah “berat” untuk massa. Namun sesungguhnya, massa tidak sama dengan berat. Sebaliknya, berat sangat bergantung pada kedudukan di mana benda tersebut berada.

Mengapa? Karena benda akan memiliki gravitasi yang berbeda di tempat yang berbeda. Sebagai contoh, saat astronot berada di bulan, beratnya tinggal 1/6 dari berat dia saat di bumi.

[quads id=2]

c. Waktu

berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa panjang, massa, dan waktu merupakan besaran pokok. Berdasarkan hasil Konferensi Umum mengenai Berat dan Ukuran ke-14 tahun 1971.

Demikian Rangkuman materi Rangkuman IPA Kelas 7 BAB 1 semoga bermanfaat dan bisa menambah referensi kalian,Salam Literasi :

3 komentar pada “Rangkuman IPA Kelas 7 BAB 1 Objek IPA dan Pengamatannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.