Rangkuman IPA Kelas 7 – BAB 1 Sistem Organisasi Kehidupan Makhluk Hidup

Rangkuman IPA Kelas 7-Masih belum faham dengan materi BAB 1 Sistem Organisasi Kehidupan Makhluk Hidup , Kalian jangan hawatir di sini saya akan membagikan rangkumannya.

Pada materi tersesbut dapat di kelompokan menjadi beberapa bagian yaitu :

Hierarki Biologi, Sel, Jaringan, Organ, Sistem Organ, Organisme

Berikut Rangkuman IPA Kelas 7 – BAB 1 Sistem Organisasi Kehidupan Makhluk Hidup

Apakah di kelasmu ada struktur organisasi kelas? Apakah kamu terlibat dalam organisasi tersebut? Ternyata jika diperhatikan, kamu merupakan bagian dari kelas. Kelas kamu juga merupakan bagian dari kelas VII.

Kelas VII merupakan bagian dari SMP/MTs. Jika ditelusuri lebih jauh, ternyata sekolah kamu adalah bagian dari sekolah-sekolah yang ada di kecamatan dan seterusnya. Artinya, kamu sebagai peserta didik merupakan unit terkecil dari organisasi sekolah di kecamatan.

A. Sel sebagai Unit Struktural dan Fungsional Kehidupan

setiap organisme tersusun atas salah satu dari  dua jenis sel yang secara struktural berbeda. Kedua
jenis sel tersebut adalah sel prokariotik dan sel eukariotik.

Pada sistem lima kingdom, hanya monera (bakteri dan ganggang biru) yang memiliki sel prokariotik. Protista, jamur, tumbuhan, dan hewan semuanya terdiri atas sel eukariotik

Rangkuman IPA Kelas 7 – BAB 5 Kalor dan Perpindahannya

Rangkuman IPA Kelas 7 BAB 1 Objek IPA dan Pengamatannya

Sel prokariotik berasal dari bahasa Yunani, yaitu , berarti “sebelum” dan berarti nukleus. Sel prokariotik memiliki nukleus/inti sel, tetapi inti sel tersebut tidak diselubungi membran inti. Sel eukariotik (bahasa Yunani, berarti “sejati/ sebenarnya”) merupakan sel yang memiliki inti sel dan inti sel tersebut dibungkus oleh membran inti.

Sel prokariotik terdapat pada bakteri, termasuk sianobakteri. Sel Prokariota strukturnya lebih sederhana daripada struktur sel eukariota, karena tidak mempunyai organel yang terbungkus membran. Batas sel ialah membran plasma. Di luar membran plasma terdapat dinding sel yang cukup kaku dan seringkali berupa kapsul luar yang biasanya mirip jeli. Sebagian bakteri memiliki flagela (organel pergerakan), pili (struktur pelekatan), atau keduanya yang menonjol dari permukaan selnya.

Sel-sel tersebut akan menyusun tubuh makhluk hidup melalui pengorganisasian yang sistematis. Dalam organisasi tubuh, sel memiliki peranan yang sangat penting. Kamu tidak dapat mengamati sel secara jelas pada tanaman ataunhewan hanya dengan mata telanjang. Kamu membutuhkan alat bantu berupa mikroskop.

B. Jaringan-jaringan pada Hewan danTumbuhan

Setiap sel suatu organisme memiliki ukuran yang bervariasi. Ukuran sel mencerminkan fungsi
yang dilakukan sel bersangkutan. Semua fungsi hidup organisme bersel satu dilakukan oleh sel tunggal itu sendiri. Pada organisme bersel banyak, seringkali sel tidak dapat bekerja sendiri.

Setiap sel bergantung kepada sel yang lain. Kerja sama dan interaksi di antara sel ini menyebabkan
organisme dapat mempertahankan hidupnya.

Tumbuhan mempunyai bermacam-macam jaringan. Jaringan pembuluh kayu ( ) berfungsi mengangkut air dan unsur hara dari akar ke daun, sedangkan jaringan pembuluh tapis ( ) mengangkut zat makanan dari daun ke seluruh tubuh tumbuhan.

Hewan maupun manusia mempunyai bermacam-macam jaringan juga. Ada jaringan epitel, jaringan otot, jaringan tulang rawan, jaringan saraf, dan sebagainya

C. Organ-organ pada Hewan danTumbuhan

Pada waktu pengamatan jaringan tumbuhan, kamu perlu memotong salah satu bagian tumbuhan, misalnya daun. Di dalam daun, ternyata ada beberapa macam jaringan. Kumpulan dari beberapa macam jaringan yang berbeda akan membentuk satu kesatuan untuk melakukan fungsi tertentu disebut organ

D. Sistem Organ dan Organisme

Kamu sudah menemukan bermacam macam organ yang terdapat pada tumbuhan dan manusia. Beberapa organ yang bekerja sama untuk melakukan fungsi kerja tertentu disebut Sistem Organ
Itulah Rangkuman IPA Kelas 7 – BAB 1 Sistem Organisasi Kehidupan Makhluk Hidup semoga bisa bermanfaat

One thought on “Rangkuman IPA Kelas 7 – BAB 1 Sistem Organisasi Kehidupan Makhluk Hidup

  • 2 Juli 2022 pada 11:37 am
    Permalink

    Hey there I am so excited I found your webpage, I really found you by accident, while I was browsing on Yahoo for something else, Anyhow I am here
    now and would just like to say many thanks for a marvelous post and
    a all round entertaining blog (I also love the theme/design),
    I don’t have time to read through it all at the minute but I
    have saved it and also added your RSS feeds, so when I have time I will
    be back to read a lot more, Please do keep up the excellent work.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.