Rangkuman IPA Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan

Rangkuman IPA Kelas 7-Masih belum faham dengan materi BAB 2 Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan yang ada di kelas 7, Kalian jangan hawatir di sini saya akan membagikan rangkumannya.

Pada materi tersesbut dapat di kelompokan menjadi beberapa bagian yaitu :Lingkungan, Ekosistem, Saling Ketergantungan,Pola Interaksi

Pada Bab 2 ini, kamu akan mempelajari interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya. Untuk memahami bab ini dengan baik, coba pahami lebih dahulu mengenai lingkungan dan melakukan pengamatan terhadap lingkungan.

A. Pengertian Lingkungan

istilah lingkungan berasal dari kata ‘Environment” yang mempunyai makna The Physical, cemical and biotic condition surrounding an organism. Berdasarkan istilah tersebut, lingkungan secara umum dapat diartikan sebagai segala sesuatu di luar individu. Segala sesuatu di luar individu merupakan sistem yang kompleks, sehingga dapat memengaruhi satu sama lain.

Selain itu, komponen lingkungan itu dapat saling memengaruhi dengan
kuat. Ada saatnya kualitas lingkungan berubah menjadi baik dan tidak menutup kemungkinan untuk berubah menjadi buruk. Perubahan itu dapat disebabkan oleh makhluk hidup dalam satu lingkungan tersebut. Lingkungan terdiri atas dua komponen utama, yaitu komponen biotik dan abiotik.

1. Komponen biotik, terdiri atas makhluk hidup, seperti manusia, hewan,tumbuhan, dan jasad renik.
2. Komponen abiotik, terdiri atas benda-benda tidak hidup di antaranya air, tanah, udara, dan cahaya.

B. Hal-hal yang Ditemukan dalam Suatu Lingkungan

Di sekolah, kamu menghabiskan waktu dalam ruangan kelas untuk berinteraksi dengan teman dan guru. Setelah kegiatan sekolah selesai, mungkin kamu pergi ke lapangan olahraga, ke toko buku, atau berjalan menuju tempat bermain. Setiap hari, kamu menuju ke tempat yang berbeda di sekitarmu.

Dalam suatu habitat, terdapat berbagai jenis makhluk hidup dan
makhluk tak hidup.

Dalam suatu habitat, terdapat berbagai jenis makhluk hidup dan
makhluk tak hidup .Tempat yang kamu kunjungi merupakan
suatu habitat bagi suatu makhluk hidup. Pada tempat tersebut akan  terjadi interaksi antara makhluk hidup dan makhluk tak hidup.

C. Interaksi dalam Ekosistem Membentuk Suatu Pola

Setiap organisme tersebut tidak dapat hidup sendiri dan
selalu bergantung pada organisme yang lain dan lingkungannya. Saling
ketergantungan ini akan membentuk suatu pola interaksi.

Terjadi interaksi antara komponen biotik dengan komponen abiotik, dan terjadi interaksi antarsesama komponen biotik.

1. Interaksi Antara Makhluk Hidup dengan
Makhluk Hidup yang Lain.
Interaksi antara makhluk hidup dengan makhluk hidup yang lain dapat terjadi melalui rangkaian peristiwa makan dan dimakan. Seperti rantai makanan, jaringjaring makanan, dan piramida makanan. Selain itu, melalui bentuk hidup bersama, yaitu simbiosis.

2. Macam-macam Simbiosis
Simbiosis merupakan bentuk hidup bersama antara dua individu yang
berbeda jenis. Ada tiga (3) macam simbiosis, yaitu simbiosis mutualisme, simbiosis  komensalisme, dan simbiosis parasitisme. simbiosis mutualisme merupakansuatu hubungan dua jenis individu yang saling memberikan keuntungan satu sama lain.

simbiosis  komensalisme adalah hubungan interaksi dua jenis individu
yang memberikan keuntungan kepada salah satu pihak, tetapi pihak lain tidak mendapatkan kerugian.

simbiosis parasitisme merupakan hubungan dua jenis individu yang memberikan keuntungan kepada salah satu pihak dan kerugian pada pihak yang lain

itulah Rangkuman interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan mudah-mudahan bisa bermanfaat, jangan lupa SUBCRIBE CHANEL YOUTUBE 

2 komentar pada “Rangkuman IPA Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.