Rangkuman IPA 9-Bab 9 Tanah Dan Keberlangsungan Kehidupan

Rangkuman IPA Bab 9

Rangkuman IPA Kelas 9 Semester 2 -Masih belum faham dengan materi BAB 9 Tentang Tanah Dan Keberlangsungan Kehidupan.

Pernahkah kamu melihat petani yang sedang mencangkul atau membajak sawah? Menurutmu, apa sebenarnya tujuan petani mencangkul atau membajak sawah?

Apa yang terjadi jika petani tidak melakukan pembajakan tetapi langsung menanami sawah tersebut dengan benih padi?

Apakah kegiatan membajak merupakan salah satu cara untuk menyuburkan tanah? Tanaman padi dapat tumbuh subur jika tanah memiliki kandungan nutrisi yang cukup.

Sebenarnya, siapakah yang berperan dalam menyediakan nutrisi di tanah bagi tumbuhan? Agar kamu mengetahuinya, ayo simak rangkuman dengan penuh semangat.

Berikut Rangkuman IPA Materi Tanah Dan Keberlangsungan Kehidupan.

  1. Tanah berperan penting bagi tumbuhan dan hewan. Tanah merupakan habitat beberapa organisme tanah seperti cacing, serangga, jamur, alga, dan mikroorganisme.
  2. Tanh juga merupakan penunjang kesehatan dan penyedia keperluan manusia di bumi.
  3. Tanh adalah bagian permukaan bumi yang merupakan tempat
    tumbuhnya berbagai jenis tumbuhan serta tempat hidupnya berbagai jenis hewan dan mikroorganisme. Tanah terbentuk dari pelapukan batuan secara biologis, fisikawi, dan kimiawi. Pelapukan secara biologis dibantu oleh mikroorganisme tanah.
  4. Faktor fisik yang memengaruhi pelapukan adalah iklim, adanya
    sinar matahari, dan curah hujan.
  5. Organisme tanah berperan sebagai pengurai bahan-bahan organik dalam tanah, mengatur kegemburan tanah, tekstur tanah, dan kesuburan tanah.
  6. Tekstur tanah ditentukan oleh besar kecilnya ukuran butiran yang menyusun tanah. Tekstur tanah merupakan proporsi relatif berbagai ukuran butiran yang menyusun suatu tanah.
  7. Tanah memiliki ukuran butiran yang berbeda-beda, oleh karena
  8. itu kita menggolongkan tanah menjadi beberapa jenis seperti tanah lempung, tanah liat, pasir, atau campuran dari ketiganya.

Baca Rangkuman IPA Kelas 9 Semester 2 BAB 7 Bioteknologi

  1. Komponen tanah berupa batuan, udara, air, humus, mineral, dan komponen organik.
  2. Batuan dapat dikelompokkan menjadi tiga jenis berdasarkan proses terjadinya yaitu batuan beku, sedimen, dan metamorf..
  3. Humus adalah komponen organik yang dihasilkan dari proses dekomposisi (penguraian) hewan atau tumbuhan yang telah mati, daun yang gugur, ataupun kotoran hewan oleh bakteri dan Jamur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.