Mengapa kita harus mencium Hajar Aswad?

55 sec read

Salah satu momen paling khusus dalam tawaf ini adalah ketika jamaah mencium Hajar Aswad, sebuah batu hitam yang terletak di sudut Ka’bah. Namun, mengapa kita melakukan tindakan ini? Apa makna dan simbolisme di balik mencium Hajar Aswad?

Berikut Beberapa Keutamaan Mencium Hajar Aswad: Simbolisme dan Makna di Balik Ritual Tawaf”**

https://youtube.com/shorts/IKWm283PwUQ?feature=share

 

**1. Simbolisme Kesatuan:**

Mencium Hajar Aswadz bukanlah bentuk penyembahan kepada batu, melainkan tanda penghormatan kepada petunjuk Allah. Ini mencerminkan kesatuan umat Muslim, mengingat jutaan jamaah berkumpul untuk melaksanakan ritual ini, tanpa memandang perbedaan sosial atau etnis.

Inilah orang yang mau mencium HAJAR ASWAD
Inilah orang yang mau mencium HAJAR ASWAD

**2. Mengenang Jejak Nabi Ibrahim:**

Hajar Aswad juga memiliki keterkaitan dengan Nabi Ibrahim (AS) dan putranya Isma’il. Menyentuh dan mencium batu ini dianggap sebagai tindakan menghormati jejak sejarah keimanan dan ketaatan Nabi Ibrahim dan Isma’il terhadap perintah Allah.

**3. Ritual Pengampunan Dosa:**

Mencium Hajr Aswad juga dapat menghapus dosa-dosa kecil. Meskipun batu tersebut tidak memiliki kekuatan intrinsik, ritual ini adalah bentuk pengabdian dan kesediaan untuk memohon ampunan kepada Allah.

**4. Menyatu dengan Alam Semesta:**

Mencium Hajar Aswd juga mengingatkan kita akan hakikat hidup dan siklus waktu. Batu hitam ini diyakini turun dari surga dan memiliki sifat yang unik. Ritual ini mengajarkan kita untuk merenungkan penciptaan Allah dan bersatu dengan ciptaan-Nya.

**Kesimpulan:**

Mencium Hajr Aswad bukanlah sekadar tindakan fisik, tetapi memiliki makna mendalam dalam konteks ibadah Islam. Ritual ini mengajar kita tentang kesatuan umat, ketaatan kepada Allah, dan pemahaman akan sejarah keimanan. Sebuah pengalaman spiritual yang mendalam bagi setiap Muslim yang berkesempatan menjalankan ibadah haji atau umrah.

Menggetarkan Perayaan Ulang Tahun ke-25 Mandiri: Promo Menarik dan…

Indonesia merayakan momen istimewa dalam dunia perbankan karena Bank Mandiri, salah satu lembaga keuangan terkemuka di negeri ini, memperingati perayaan ulang tahun ke-25. Merayakan...
fahru
1 min read

Lirik QosidahYaa Rabbana’tarafna (Doa Setelah Belajar) .pdf

Qosidah Yaa Rabbana’tarafna adalah  sebuah syair yang sangat sering di kumandangkan oleh para santri, terutama di Pesantren yang ada di seluruh Nusantara. Lafad qosidah...
fahru
22 sec read

15 Ucapan Imlek 2023 Bahasa inggris dan Artinya Untuk…

15 ucapan imlek 2023 bahasa inggris dan Artinya Untuk Keluarga –Tahun Baru Imlek 2023 jatuh pada Minggu 22 Januari 2023. Perayaan Tahun Baru Imlek...
fahru
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *