Jangan Lakukan !! Ini Mitos Dan Larangan Pada Malam 1 Suro

1 Muharam (1 Suro) atau biasa lebih di kenal dengan Tahun Baru islam merupakan tanggal yang sangat sakral bagi umat islam di seluruh dunia.

Berbeda dengan masyarakat jawa, tanggal 1 muharam di sebut juga 1 suro. Tanggal 1 suro pada tahun ini (2021) bertepatan pada hari selasa,(10/08/2021)

Dikutip dari wartabrom com, Sebagian orang, pada tanggal itu, di percaya ada Mitos dan Larangan yang yang tidak boleh dilakukan.

Mari kita bahas Mitos atau larangan yang Tidak boleh di lakukan pada malam 1 suro :

1. Jangan Pindah Rumah

Dalam primbon jawa, dalam hari itu ada baik dan dan juga ada buruk.Nah, sebagian orang percaya bahwa pada malam 1 suro di yakini bukan hari baik dalam pindahan rumah.Akan tetapi berbanding terbalik dengan Ajaran Islam bahwa Menurut agama islam, semua hari adalah baik ya.

2. Jangan Mengadakan Pesta Pernikahan/ Resepsi

Masyarakat jawa sangat memegang teguh (pantangan) menikahkan putra-putrinya ketika pada malam suro, Jika pantangan tersebut di lakukan,masyarakat jawa mempercayai keluarganya akan mendapat kesialan.

Tapi sebagian orang berpendapat bahwa ini hanya mitos belaka karena anggapannya ketika mengadakan pesta pada malam suro di anggap menyaingi ritual keraton yang nantinya bakal sepi.

3. Arwah Leluhur Kembali Kerumah

Beberapa masyarakat jawa, meyakini bahwa pada malam 1 suro, arwah leluhur yang sudah meninggal dunia akan datang untuk menengok keluarganya dirumah. tak hanya itu, sebgaian juga meyakini, arwah orang-orang yang dulunya menjadi tumbal pesugihan akan di lepaskan. wallahua’alam ya ….

itulah 3 mitos atau larangan yang trjadi pada malam 1 suro, percaya atau tidak itu hak kalian ya sob..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.