5 Kebutuhan Sistem Dalam Jaringan Yang Perlu Anda Tahu!!

Jaringan berprotokol TCP/IP merupakan model hubungan berdasarkan teknologi packet switching. Dalam membangun sebuah jaringan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan anta lain:

1. Jumlah klien

Banyaknya klien sangat memengaruhi beban lalu lintas data (traffic data) yang mengal dalam jaringan sehingga diperlukan perencanaan yang matang mengenai spesifikasi hardwar (seperti switch, LAN card, firewall) maupun jenis topologi yang digunakan agar transmis data berjalan lancar.

2. Jangkauan jaringan (ruang dan waktu)

Kecepatan transmisi data dan kemungkinan terjadinya data hilang atau rusak sangat besar jika jarak antara node semakin panjang. Selain itu, waktu yang diperlukan untuk melakukan monitoring, analisis, dan perbaikan jaringan cukup lama. Oleh karena itu, jenis media transmisi dan tipe topologi yang dipakai juga harus disesuaikan dengan jarak dalam sebuah jaringan dan waktu yang diperlukan untuk melakukan proses dalam sistem, serta jenis media yang digunakan (kabel atau wireless).

3. Jenis layanan

Jenis layanan dalam jaringan tergantung dari kebutuhan klien, contohnya sharing data antara OS Linux dengan Windows, sharing data antar OS Linux, optimasi kecepatan akses internet, pengalokasian sistem kontrol pengalamatan komputer secara otomatis, bahkan sampat sistem manajemen database secara terpusat.

4. Tingkat keamanan dan pelayanan multiuser

Faktor berikutnya yang harus diperhatikan adalah level sekuritas dan konsep multiuser. Dalam sistem harus diatur kebijakan firewall yang mendukung sistem keamanan jaringan dan pengelolaan hak akses user dan prioritasnya.

5. Jenis OS yang terhubung dalam jaringan

Syarat utama terjadinya komunikasi antar host dalam jaringan adalah penggunaan protokol yang sama, seperti protokol TCP/IP tidak dapat berhubungan dengan protokol Novell Netware. Pada umumnya, semua jenis OS menerapkan protokol TCP/IP, sehingga meski berbeda tipe (seperti Windows dan Linux), tetap dapat saling berhubungan.

Berikut ini jenis-jenis kebutuhan sistem jaringan, yaitu:

1. Mendistribusikan sambungan atau koneksi internet ke komputer lainnya dalam jumlah besar.
2. Optimasi akses internet dan pemblokiran beberapa situs.
3. Otomatisasi konfigurasi pengalamatan komputer pada jaringan sehingga mudah dikontrol.
4. Berbagi pakai data secara bersamaan.
5. Melakukan pengelolaan database secara terpusat.
6. Melakukan pengaturan sistem keamanan jaringan untuk menghindari masuknya serangan baik virus maupun pengaksesan sistem jaringan oleh intruder (penganggu).
7. Menyediakan layanan pengaturan domain sistem untuk mempermudahkan pencarian alamat sebuah situs.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.