Cara Mendaftar Sekolah Kedinasan Lewat sscasn.bkn.go.id

1 min read

Mendaftar ke sekolah kedinasan adalah impian banyak siswa di Indonesia, mengingat berbagai keuntungan yang ditawarkan, seperti pendidikan gratis dan peluang kerja yang pasti setelah lulus. Berikut adalah panduan lengkap untuk mendaftar ke sekolah kedinasan di Indonesia:

1. Persiapkan Dokumen Penting

Langkah pertama adalah memastikan semua dokumen yang diperlukan sudah siap. Dokumen-dokumen ini biasanya mencakup:

– **Kartu Tanda Penduduk (KTP)**
– **Kartu Keluarga (KK)**
– **Ijazah atau Surat Keterangan Lulus (SKL)**
– **Transkrip Nilai**
– **Pas Foto Terbaru**
– **Surat Keterangan Sehat dari Dokter**
– **Dokumen Pendukung Lainnya**: seperti sertifikat prestasi atau dokumen lainnya sesuai dengan persyaratan spesifik dari sekolah kedinasan yang dituju.

2. Kunjungi Portal Resmi SSCASN

Selanjutnya, buka situs resmi Sistem Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (SSCASN) di [sscasn.bkn.go.id](https://sscasn.bkn.go.id). Di situs ini, Anda harus membuat akun SSCN jika belum memilikinya.

– **Buat Akun**: Isi data diri yang diperlukan untuk membuat akun baru.
– **Verifikasi Akun**: Ikuti langkah-langkah verifikasi yang dikirimkan melalui email.

3. Pilih Sekolah Kedinasan

Setelah akun Anda terverifikasi, masuk ke dalam akun dan pilih menu pendaftaran sekolah kedinasan. Di sini, Anda bisa memilih sekolah dan program studi yang diinginkan. Pastikan untuk membaca persyaratan masing-masing sekolah dengan teliti.

4. Isi Formulir Pendaftaran

Isi formulir pendaftaran secara online dengan data diri yang benar dan lengkap. Pastikan untuk mengunggah dokumen yang diperlukan sesuai dengan persyaratan yang diminta.

6. Cetak Kartu Pendaftaran

Setelah berhasil melakukan pendaftaran, cetak kartu pendaftaran yang akan digunakan untuk proses seleksi selanjutnya. Kartu ini sangat penting saat mengikuti ujian seleksi.

7. Ikuti Tes Seleksi

Persiapkan diri Anda untuk mengikuti serangkaian tes seleksi yang biasanya meliputi:

– **Tes Akademik**: Menguji kemampuan pengetahuan umum dan spesifik sesuai program studi yang dipilih.
– **Tes Kesehatan**: Pemeriksaan kesehatan untuk memastikan calon siswa dalam kondisi sehat.
– **Tes Psikologi**: Menilai kepribadian dan kemampuan psikologis.
– **Tes Wawancara**: Dilakukan untuk mengetahui motivasi dan kesiapan calon siswa.

Informasi mengenai jadwal dan lokasi tes biasanya akan diumumkan di portal SSCN atau situs resmi sekolah kedinasan yang dituju.

8. Pantau Pengumuman

Pantau pengumuman hasil seleksi di portal SSCN atau situs resmi sekolah kedinasan. Pastikan untuk memeriksa secara berkala agar tidak terlewat informasi penting.

9. Registrasi Ulang

Jika Anda dinyatakan lulus seleksi, lakukan registrasi ulang sesuai dengan instruksi yang diberikan oleh pihak sekolah kedinasan. Registrasi ulang biasanya melibatkan verifikasi dokumen dan penyelesaian administrasi lainnya.

Tips Tambahan

– **Persiapkan Diri Secara Matang**: Mulai belajar jauh-jauh hari sebelum tes seleksi. Manfaatkan buku-buku latihan soal dan ikut bimbingan belajar jika perlu.
– **Jaga Kesehatan**: Kesehatan fisik sangat penting, terutama menjelang tes kesehatan.
– **Ikuti Informasi Terbaru**: Selalu update dengan informasi terbaru dari situs resmi SSCN dan sekolah kedinasan yang dituju.

Mendaftar ke sekolah kedinasan membutuhkan persiapan yang matang dan kesabaran. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda akan lebih siap dan memiliki peluang yang lebih baik untuk berhasil.

Selamat mencoba dan semoga sukses!

CARA CEK PANGGILAN PPG DALAM JABATAN 2024 LEWAT LINKhttps://guru.kemdikbud.go.id/sertifikasi-pendidik/checking/

CARA CEK PANGGILAN PPG DALAM JABATAN 2024 LEWAT LINKhttps://guru.kemdikbud.go.id/sertifikasi-pendidik/checking/ Untuk mengecek panggilan PPG (Pendidikan Profesi Guru) Dalam Jabatan 2024, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:...
fahru
1 min read

Bagaimana cara mendapatkan 1000 subscriber dengan cepat?

2 Cara Mendapatkan 1000 Subscriber Dan 4000 Tam Tayang Gratis Dan Mudah #subscribe #jamtayang4000 Bagaimana cara mendapatkan 1000 subscriber dengan cepat? Untuk bisa mendapatkan...
fahru
18 sec read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *