Apa Itu Asuransi ( insurance) , Jenis-Jenis Dan Manfaat Ansuransi

Apa Itu Asuransi ?-Hai apa yang terbayang dalam benak Anda pada saat Anda mendengar kata asuransi  ? Apakah investasi keamanan uang tambahan tabungan ?

Pada prinsipnya asuransi bertujuan untuk memberikan perlindungan finansial kepada keluarga anda bentuknya dapat berupa manfaat yang dnikmati semasa  anda hidup, maupun manfaat yang dnikmati keluarga anda pada saat anda sudah meninggal dunia.

Apa Yang Di Maksud Dengan Asuransi ( insurance) ?

Menurut KBBI asuransi berarti pertanggungan. Hal ini berkaitan dengan kesepakatan antara para pihak. Pihak pertama adalah pihak yang tertanggung dan pihak kedua adalah penanggung.

Kesepakatan ini menghasilkan kerjasama. Dimana pihak pertama harus membayar sejumlah tertentu sebagai kewajiban. Pihak lain kemudian akan menjamin pihak pertama sesuai dengan ketentuan perjanjian.

Asuransi dalam Undang-Undang No. 2 Th 1992 tentang usaha perasuransian adalah perjanjian antara dua pihak atau lebih, di mana pihak penanggung mengikatkan diri kepada tertanggung, dengan menerima premi asuransi, untuk memberikan penggantian kepada tertanggung karena kerugian, kerusakan atau kehilangan keuntungan yang diharapkan atau tanggung jawab hukum pihak ke tiga yang mungkin akan diderita tertanggung, yang timbul dari suatu peristiwa yang tidak pasti, atau memberikan suatu pembayaran yang didasarkan atas meninggal atau hidupnya seseorang yang dipertanggungkan (sumber  wikipedia 

Apa Keuntungan /Manfaat Dari Asuransi ?

Apa Itu Asuransi ( insurance)
Ilustrasi Manfaat Asurasni Dari pexel.com

Dalam asuransi ada dua hal yang perlu anda perhatikan sebagai nasabah yaitu :

  • Apa manfaat yang dberikan dari produk yang Anda beli
  • yang kedua adalah apa pengecualian manfaat tersebut sehingga Anda tidak mengalami kekecewaan di kemudian hari

Manfaat yang dtawarkan sebuah produk asuransi dapat berupa manfaat hidup yaitu

  • Manfaat yang bisa dinikmati semasa nasabah masih hidup
  • Manfaat kesehatan,
  • tabungan pendidikan
  • nilai tunai atau nilai Polish atau

Manfaat lain yang dmiliki sebuah produk Asuransi adalah manfaat meninggal yaitu

uang pertanggungan yang akan dbayarkan kepada keluarga nasabah saat nasabah sudah meninggal dunia d situasi pandemi saat ini asuransi kesehatan dapat mencakup penggantian biaya rapid test, psikotestlain-lain.

Jenis-Jenis Asuransi

Perusahaan asuransi menawarkan berbagai jenis pertanggungan tergantung pada item atau item yang ingin Anda lindungi. Beberapa contoh jenis asuransi berkisar dari asuransi jiwa hingga kesehatan hingga barang berharga dan pendidikan.

Biasanya setidaknya ada 4 jenis asuransi. Jenis asuransi tersebut antara lain asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi pendidikan, asuransi kendaraan bermotor,asuransi kecelakaan,asuransi perusahaan,asuransi pensiun,dan asuransi perjalanan.

1.Jenis Asuransi Jiwa

Seperti namanya jenis asuransi ini memberikan pertanggungan untuk jiwa seseorang. Ini berarti klaim asuransi dapat dilakukan ketika seseorang meninggal. Asuransi ini bisa untuk Anda sendiri atau keluarga Anda.

Sementara dana asuransi dapat dtarik pada saat kematian pemilik tertanggung beberapa perusahaan mengizinkan penarikan asuransi sebelum pemilik tertanggung meninggal dunia. Oleh karena itu penting untuk memiliki pemahaman rinci tentang metode yang dtawarkan oleh perusahaan asuransi.

2.Jenis Asuransi Kesehatan

Jenis asuransi ini menjamin perawatan kesehatan. Tertanggung dibebaskan dari biaya pengobatan seperti pembedahan untuk pasien yang menjalani pemeriksaan laboratorium rawat jalan dan bentuk pengobatan lainnya.

BPJS adalah asuransi kesehatan yang dkelola pemerintah. Tujuannya untuk membantu masyarakat mengurangi beban tagihan berobat saat mereka sakit. Namun manfaat yang dterima juga tergantung pada pembayaran iuran.

3.Jenis Asuransi Pendidikan

Salah satu jenis asuransi ini biasanya diwajibkan bagi pasangan suami istri yang sudah memiliki anak. Asuransi pendidikan akan memastikan bahwa biaya pendidikan anak-anak di masa depan ditanggung. Hal ini akan memudahkan orang tua untuk mempersiapkan kebutuhan pendidikan anaknya.

Asuransi ini memberikan perlindungan dwiguna yang mencakup biaya pendidikan anak jika terjadi kecelakaan yang membuat orang tua tidak dapat mencari nafkah. Jenis asuransi pendidikan lainnya adalah asuransi unit link.

4.Jenis Asuransi Kendaraan

Asuransi ini memberikan rencana perlindungan ganda yang mencakup biaya pendidikan anak jika orang tua meninggal jika terjadi pembubaran. Jenis lain dari asuransi pendidikan adalah asuransi unit.

Pemilik bisa tenang jika mobil sudah dasuransikan. Asuransi kecelakaan membantu menutupi biaya kerugian yang timbul jika terjadi kecelakaan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.