Home » Uncategorized » Meteor adalah Sebutan Bintang Jatuh Berikut Penjelasannya

Meteor adalah Sebutan Bintang Jatuh Berikut Penjelasannya

  • by

Meteor adalah dengan sebutan bintang jatuh atau shooting star. Namun hal ini sangat sulit untuk dipercaya karena meteor sangat kecil dibanding bintang. Alasan mengapa mereka dapat terlihat adalah karena mereka sangat dekat dengan bumi.

kawah meteor di arizona (sumber USGS/D.Roddy)

Apa sebenarnya meteor itu? Kata meteor berasal dari bahasa Yunani Meteoron, yaitu garis cahaya yang terbuat saat meteorit atau partikel-partikel seperti debu, dan pecahan -pecahan batuan angkasa berjalan di angkasa, masuk ke dalam atmosfer bumi.

Meteor adalah Sebutan Bintang Jatuh

Ribuan meteorit bergerak dengan kecepatan yang sangat tinggi menuju bumi setiap hari, membentuk garis cahaya yang dapat dilihat dengan jelas oleh mata telanjang saat langit tidak berawan.

Kebanyakan meteorit yang masuk ke dalam atmosfer bumi terbakar akibat besarnya energi yang timbul akibat gesekan antara batuan tersebut dengan atmosfer pada ketinggian 55 hingga 65 mil di atas kepala kita. Untungnya hanya sedikit sekali meteor yang sampai pada permukaan bumi. Di antara mereka yang menumbuk bumi disebut meteorit dan jika mereka sampai pada permukaan tanah Akan membentuk kawah meteorit

Meteor yang tampak di greenland (sumber http://www.solarvoyager.com)

Ada sejumlah bukti kawah meteor di permukaan bumi. Satu yang paling terkenal adalah kawah meteor yang bernama ‘Barringer Impact Crater’ di Arizona, Amerika Serikat, yang terjadi pada 49,000 tahun yang lalu ketika meteorit Barringer (yang diperkirakan berdiameter 40 meter) terhempas ke dalam Arizona dengan kecepatan 11 km/detik, membentuk kawah selebar 1,2 km , dan kedalaman 183 m.

Dengan meneliti kandungan meteorit, ilmuwan dapat memperkirakan darimana asal meteorit tersebut. Penelitian kandungan

Hujan Meteor (sumber NASA)

meteorit menunjukkan hasil bahwa meteorit memiliki kandungan yang hampir sama dengan bumi dan bulan. Meteorit juga menunjukkan kesamaan dengan asteroid maupun komet. )

Ada 12 meteorit yang ditemukan di Antartika yang dipercayai berasal dari planet Mars.

Kadang-kadang meteorit dapat dilihat jelas di langit pada malam hari, bahkan ada suatu waktu di mana kita dapat melihat banyak sekali meteor. Kondisi ini disebut hujan meteor atau Meteor Showers yang dapat dilihat pada awal Agustus. Pada waktu awal hujan, meteor diperkirakan terdapat 10 meteor per jam yang bisa dilihat.

Pada saat puncak hujan meteor, kita dapat melihat setidaknya satu meteor per menit. Hujan meteor yang paling terkenal adalah hujan meteor Perseid yang terjadi sekitar hari “St Laurence” pada 12 Agustus, selama satu atau dua hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *