Home » Pendidikan » Kelebihan dan Kekurangan Jenis Kain Sintetis Yang Perlu Di Ketahui

Kelebihan dan Kekurangan Jenis Kain Sintetis Yang Perlu Di Ketahui

  • by

Kain Sintetis– Pernah kah kita berfikir, baju atau pun kaos yang biasa di gunakan dalam kehidupan sehari-hari terbuat dari ahan dasar apa ? Ya, salah satu bahan dasar nya adalah kain sintetis, kain katun, dan lain-lain. Namun pada tulisan kali ini, penulis akan membahas yang lebih tepatnya jenis kain sintetis.

jenis kain sintetis

Kain sintetis adalah kain yang di oleh dari bahan minyak bumi dan bahan kimiawi, bahan tersebut lalu di aduk sampai tercampur rata dan tentunya akan mendapatkan hasil yang berupa bahan (material) baru.

Berikut ini jenis-jenis Kain Sintetis

9Biasanya bahan kain sintetis ini lebih di gunakan dalam pembuatan kaos olahraga contohnya kaos sepak bola, dan lain-lain. Lalu apa saja macam-macam kain sintetis.

1.Kain Polyester

Polyester merupakan salah satu jenis kain yang paling terkenal dan sering di gunakan untuk membuat kaos. Dan kain polyester terbuat dari serat sintetis yang ada nya bahan ester. Bahan ester yaitu bahan yang di peroleh dari hasil sampingan dari minyak bumi yang kemudian di olah menjadi bahan serat yang di sebut dengan fiberpoly.

  • Adapun ciri dari kain poliyster memiliki sbb: Tidak mudah kusut dan tentunya sangat cocok bagi ibu yang malas menyetrika karena bahan ini tidak perlu diseterika.
  • Warna tidak pernah berubah sehingga sangat sesuai untuk kain gorden.
  • Tahan terhadap sinar matahari dan

2.Kain Poliakrila

Kain wol dengan poliakrila memiliki ciri yang sama : sehingga jenis kain ini di gunakan sebagai pengganti kain wol, misalnya untuk selimut, pullover, dan lain-lain

Kain poliakrila mempunyai ciri- ciri sebagai berikut :

Kuat, Tebal dan sangat ringan sehingga banyak digunakan untuk bahan baju hangat , sangat cocok di gunakan saat musim hujan.

  • Kain Nilon

Kain Nilon merupakan jenis kain yang lebih banyak digunakan untuk bahan kaos kaki, pakaian renang, pakaian dalam wanita, dan lain-lain . jenis bahan ini tergolong bahan yang sangat popular karena bahan yang bisa di beli dengan murah.

Adapun sifat- sifat dari kain nilon adalah sbb:

  • Elastis sehingga sangat baik untuk kaos kaki.
  • Tidak kuat terhadap sinar matahari yaitu bisa berubah warna dari putih menjadi kekuning-kuningan dan kekuatannya menjadi kurang.
  • Bahan yang terbuat dari nilon tidak bisa menyerap keringat.
  • ketika disetrika kain ini tidak tahan terhadap panas yang diatas 150 derajat

4.Kain Rayon

Kain rayon merupakan kain yang terbuat dari selulosa kimia yang dapat konversi dari bubuk kayu. Dampak mengenakan baju dari bahan kain rayon bisa memancarkan zat beracun yang bisa menyebakan mual , sakit kepala, sakit dada, dan insomnia, agar tidak terjadi yang di inginkan agar berhati-hatilah .

5.Kain Akrilik

Kain akrilik merupakan kain yang terbuat dari akrilonitril.

ketika kita menggunakan baju yang terbuat dari kain akrilik akan menyebabkan resiko masuknya Sebagian akrilontril ke dalam kulit.

6.Kain Spandex

Kain spandek di sebut juga kain Lycra, bahan dari kain spandex adalah bahan kimia berbahaya contohnya poliuretan.
Poliuretan bisa menyebakan iritasi kulit. Untuk itu Ketika kita mengenakan baju dari kain spandek , agar berhati-hati. Supaya tidak ada nya iritasi pada kulit kita.

Semoga tulisan ini mengenai jenis-jenis kain sintetis bisa bermanfaat, bagi para pembaca, terimakasih dan sampai jumpa lagi pada tulisan berikutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *