Home » Buku IPA » 4 Jenis dan Fungsi Alat Reproduksi Pada Lelaki

4 Jenis dan Fungsi Alat Reproduksi Pada Lelaki

  • by

Pada materi kali ini admin akan bagikan Alat Reproduksi pada laki-laki.  Alat reproduksi ini terbagi kedalam 2 bagian yaitu Alat Reproduksi Luar dan dalam .Untuk lebih memahaminya mari simak penjelasan berikut ini :

Berikut Alat Reproduksi pada laki-laki  Bagian Luar

  • Penis

bagi kaum laki-laki ,air kencing di keluarkan melalui organ yang disebut penis. Penis berfungsi sebgai saluran kencing(urine)dan sebgai saluran sperma. Penis terbentuk dari otot dan tidak meimiliki tulang. pada ujung penis terdapat struktur seperti lipatan kulit yang di sebut kulup (prepuce).

  • Skotum

pada bagian dekat penis terdapat kantong yang terlihat seperti lipatan-lipatan kulit yang di sebut skrotum. pada skotum tersebut terdapat dua buah (sepasang) testis atau buah zakar yang berbentuk bulat telur. dang organ ini berfungsi sebagai menjaga suhu tesis agar sesuai untuk produksi sperma.

Pengertian Pembelahan Sel Mitosis Dan Meiosis

Tips Cara Belajar Efektif Di Masa Pandemi Covid-19 Yang Perlu Di Lakukan

Berikut Alat Reproduksi pada laki-laki  Bagian Dalam

  • Testis

Testis merupakan organ reproduksi  pada laki-laki yang berbntuk bulat telur,yngberjumlaah 2 buah (sepasang) dan terdapat dalam skotum. pada usia 13 atau 14 tahun,organ ini mulai memproduksi sperma dan hormon testosteron.

  • saluran sperma

saluran sperma tersusun atas epidimis , vas deference, dan uretta.sperma yang dihasilkan di dalam testis akan keluar melalui epidimis. Epidimis merupakan saluran yang keluar dari testis. pada sluran ini sperma di simpan sementara waktu samapai berkembang sempurna.dan tepat bergerak enuju saluran berikutnya yaitu vas deferens.

vas deferens merupakan saluran saluran yang menghubungkan epidimis dan urreta serta berfungsi sebgai saluran sperma menujuu uretta.

uretta  merupakan saluran akhir dari saluran reproduksi pada laki-laki yang terdapat dalam penis ,uretta juga berfungsi sebgai saluran keluarnya sperma dan urine. proses ini dinamakan dengan proses istilah ejakulasi.

mudah mudahan informasi mengenai alat reproduksi pada laki-laki bermanfat. jangan lupa juga baca tentang pembelahan sel 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *