Home » Hair » 7 Ciri Rambut Sehat Yang Perlu Di Ketahui

7 Ciri Rambut Sehat Yang Perlu Di Ketahui

  • by

Rambut memang di katakan sebagai mahkota untuk laki-laki dan perempuan. karena rambut berfungsi untuk menunjang penampilan seseorang. Ciri rambut sehat diantaranya di tandai dengan Tidak mudah kusut, Kulit kepala yang sehat, Elastis, Berkilau , Minim Kerontokan dan Tekstur yang halus.

Begitupun sebaliknya rambut yang tidak sehat memiliki ciri tertentu. Ciri-ciri tersebut antara lain rambut kusam/tidak berkilau, rambut kusut/sulit diatur, rambut berminyak, rambut beruban bagi orang lanjut usia maupun bagi orang yang berusia masih muda, rambut bercabang, rambut mudah patah, dan rontok berlebihan.

Pada artikel ini mimin akan mengulas Ciri Rambut Sehat yang perlu kalian tahu di antaranya sebagai berikut :

1.Rambut Tidak Mudah Kusut

Rambut yang sulit di sisir adalah rambut yang kering, dengan kutikula yang rusak, walaupun rambut tersebut dalam keadaan basah.

Penyebabnya adalah tepi kutikula mengelupas dari batang rambut dan menyebabkan gesekan.

Untuk mencegahnya , supaya rambut kita mudah di sisir kita bisa menggunakan kondisioner, yang dirancang untuk melapisi batang rambut dan melembutkan kutikula.

2. Kulit Kepala yang sehat

Jika rambut kita sehat tentu berawal dari kulit kepala yang sehat. Selain bersih dari debu dan kotoran lain, ada satu hal yang bisa jadi penanda bahwa rambut Anda tumbuh dengan sehat. Martin Jimmy mengatakan bahwa “Kulit kepala yang sehat itu setiap porinya mengandung tiga batang rambut. jika cuma ada satu batang rambut, jelas ada masalah”.

Jika satu pori tumbuh tiga helai rambut tentu akan membuat rambut terlihat lebat. Sebaliknya, jika pori yang hanya ditumbuhi satu batang rambut, akan membuat rambut terlihat tipis.

Bayangkan jika rambut Anda mengalami kerontokan, tentu akan ada banyak spot yang kosong di pori-pori dan kulit kepala. Jia tidak dirawat, dan di biarkan kepala kita akan membotak di beberapa tempat.

3. Memilik Tekstur Yang Halus

jika rambut kita ingin mempunyai tekstur yang halus, tentunya kita harus selalu memperhatikan kesehatan kulit rambut. Rambut dengan tekstur yang halus akan lebih mudah diatur, sehingga membuatnya terlihat lebih rapi seharian

4. Rambut Yang Elastis.

Rambut yang rapuh tentu tidak elastis , dan ciri rambut elstis adalah rambut yang tidak tidak mudah patah hanya karena tertarik atau terkena sisiri. Menurut Hair Health Spotlight di Men’s Magazine, penyebab nya adalah kurangnya vitamin seperti biotin, zat besi dan protein.

5.Rambut Yang Berkilau.

Penyebab rambut berkilau karena adanya lapisan terluar dari batang rambut yang dapat memantulkan cahaya. Kerusakan pada kutikula rambut menyebabkan rambut mengembang dan menghalangi kilau tersebut. Sisa-sisa produk perawatan rambut di kulit kepala dan rambut juga menghalangi kilaunya. Agar rambut berkilau rajin rajin lah untuk membilas rambut dengan cermat sesudah keramas.

6.Kerontokan ringan.

Nggak salah, nih? Ternyata tidak. Normalnya, orang akan kehilangan 50-100 helai rambut dalam sehari, demikian Menurut American Academy of Dermatology. Kerontokan ringan ini tidak nampak karena biasanya orang memiliki sekitar 100.000 helai rambut.

Jika kita memiliki kerontokan yang terjadi lebih dari 100 helai dalam sehari, kemungkinan penyebabnya adalah stres atau faktor-faktor lain.

7. Bereaksi terhadap kelembaban.

Kandungan air dalam udara membuat rambut yang cenderung lurus akan “jatuh”. Akan tetapi rambut yang tidak sehat bisa mengembang ketika terpapar kelembaban udara. dan biasanya rambut menjadi kasar , kusam dan lebih keriting.

Mudah-mudaan artikel tentang 7 Ciri Rambut Sehat bisa bermanfaat bagi kit semua. Salam Sehat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *