Home » Health » 4 Cara Mencegah Kanker Payudara Yang Perlu Di Ketahui

4 Cara Mencegah Kanker Payudara Yang Perlu Di Ketahui

  • by

Apa itu Kanker payudara

? Bagaimana cara mencegah Kanker Payudara ? Kanker Payudara merupakan penyakit yang bisa menyebabkan kematian pada wanita, kanker payudara terjadi karena adanya kerusakan pada gen yang mengatur pertumbuhan dan diferensiasi sehingga sel itu tumbuh dan berkembang biak tanpa dapat dikendalikan.Sel-sel kanker payudara ini dapat menyebar melalui aliran darah ke seluruh tubuh.

Berikut 4 Cara Mencegah Kanker Payudara

a. Konsumsi Makanan Yang Sehat
Kejadian kanker payudara dapat dicegah dengan cara membiasakan diri mengkonsumsi makanan seimbang (Healthy Diet), yaitu:
1) mengurangi makan padat kalori, seperti cake, biskuit, soft drink, makanan cepat saji, karena cepat menaikan berat badan
2) mengkonsumsi produk nabati,seperti kacang-kacangan
3) mengkonsumsi daging merah 3-4 X/minggu
4) mengkonsumsi minimal sayur dan buah sebanyak 5 porsi/hari (Go Green)
5) konsumsi sumber lemak hewani dikurangi
6) mengkonsumsi bahan makanan sumbe kalsium dan vitamin D dalam jumlah cukup
7) dianjurkan untuk menggunakan bumbu bawang putih dan kunyit
8) dianjurkan mencukupi zat gizi dari natural food, tubuh tidak memerlukan suplement bila makanan seimbang dan dikonsumsi sesuai kebutuhan.

Hasil penelitian mengemukakakan bahwa kelompok wanita yang menganut pola makan tinggi lemak tidak jenuh dan vitamin E memiliki resiko paling rendah terhadap kejadian kanker payudara.
Tapi sebaliknya jika kelompok wanita yang mengkonsumsi makanan tinggi karbohidrat maka akan mempunyai resiko lebih besar terkena kanker rahim dan kanker payudara .

Jika makin banyak sayuran dan buahan yang dimakan, maka akan semakin berkurang resiko untuk terkena jenis penyakit kanker, salahsatunya kanker payudara. Makanan dari tumbuh-tumbuhan mempunyai anti-oksidan yang tinggi, yaitu vitamin , C, A, E dan mineral selenium, yang dapat mencegah kerusakan sel yang bisa menjadi penyebab terjadinya kanker.

Sayur-sayuran yang banyak vitamin A, seperti wortel, labu siam, ubi jalar, dan sayur-sayuran berdaun hijau tua seperti bayam, kangkung dan sawi hijau, mungkin dapat membantu. Vitamin A mencegah pembentukan mutasi penyebab kanker. Sedangkan buah-buahan dan sayuran yang banyak akan vitamin C menurunkan risiko kanker payudara.

b.Menjaga berat badan.

American Cancer Society pernah melakukan studi yang melibatkan 62 ribu wanita. Para peneliti mengatakan bahwa semakin adanya berat badan naik Ketika wanita berusia 18 tahun, maka akan semakin besar risiko mengidap kanker payudara di masa menopause. Mereka yang berat badannya bertambah sampai 30 KG meningkatkan risikonya dua kali lipat. Kelebihan berat badan tampaknya meningkatkan estrogen, yang mendukung pembentukan kanker. World Cancer Research Found tahun 2007 menyarankan IMT 21-23 kg/m2.

c.Menghindari alcohol.

Jangan sering meminum alkohol, Banyak penelitian yang mengatakan Ketika semakin sering mengkonsumsi alkohol, maka resiko kanker payudara semakin bertambah karena alkohol meningkatkan kadar estrogen dalam darah.

d. Rajin Berolahraga

Dalam paragraph sebelumnya sangat dianjurkan untuk memperhatikan kontrol berat badan untuk mencegah kanker payudara. Sebagai implementasi untuk mengontrol berat badan adalah dengan cara melakukan aktivitas yang sehat seperti melakukan olahraga yang teratur. Sangat dianjurkan untuk melakukan olahraga ringan yang teratur selama 30-45 menit setiap harinya. Penelitian AICR memaparkan bahwa rata-rata wanita yang melakukan aktivitas fisik yang teratur dengan intensitas yang tinggi dapat mengurangi kemungkinan serangan penyakit mematikan kanker payudara dengan peresentase antara 14-20%.

Dengan melakukan aktivitas fisik yang teratur juga dapat membantu peningkatan imun tubuh sedangkan seperti yang kita ketahui dengan baik imun tubuh yang baik dapat membantu tubuh dengan sendirinya mencegah tubuh dari serangan penyakit termasuk penyakit kanker payudara. Dengan melakukan aktivitas fisik secara teratur maka dapat membantu tubuh untuk mengurangi pemproduksian hormon yang berhubungan dengan hormon insulin dan juga mengurangi pemproduksian hormon reproduktif.

Mudah mudahan artikel Cara Mencegah Kanker Payudara bermanfaat . Terimakasih Salam sehah untuk indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *