Home » Hidup Sehat » Wajib tahu!! 5 Jenis-Jenis Senam yang dilombakan

Wajib tahu!! 5 Jenis-Jenis Senam yang dilombakan

  • by

Salah satu cabang olahraga senam yang sering di lombakan adalah senam artistik. Jenis-jenis senam ini dilombakan untuk laki-laki dan perempuan. Khusus bagi laki-laki dalam senam artistik memiliki enam jenis lomba, yaitu, palang sejajar, kuda-kuda pelana, gelang-gelang, senam lantai ,melompat, palang tunggal, dan , kuda-kuda pelana .sedangkan bagi perempuan ada 4 jenis-jenis senam yang di pertandingkan yaitu senam lantai, palang bertingkat, melompat, ,dan balok titian.

Dalam Lomba senam artistik , bentuk Penilaiannya dilaksanakan oleh empat wasit yang berpengalaman di bidangnya. Adapaun Standar penilaian untuk senam artistik di buat oleh sebuah organisasi yaitu Federation Internationale de Gymnastique (International Federation of Gymnastics). Untuk lebih jelasnya mengenai jenis-jenis senam yang suka di lombakan bisa baca artikel ini ya guys!!!

Berikut 5 Jenis-Jenis Senam yang dilombakan :

1. Senam Lantai (Floor Exercise)

Senam lantai adalah senam pertama yang dilombakan karena bertujuan untuk sebagai dari pemanasan. senam ini tidak memerlukan tenaga otot yang besar dan luar biasa..
senam lantai juga terdapat dalam kurikulum di sekolah-sekolah. Sehingga senam ini tergolong jenis senam yang sangat popular.Gerakan dasar dari senam lantai sendiri adalah meroda, roll depan, roll belakang dan sebagainya. Senam lantai ini jika dilakukan secara bersama-sama maka gerakan-gerakannya dapat dikerjakan secara seragam dan bisa membentuk formasi-formasi yang indah dan sedap di pandang.

2.Senam Kuda-Kuda Pelana (Pommel Horse)

senam ini disebut juga senam Pommel Horse. Pada senam ini hanya dilakukan untuk putra saja, karena senam ini memerlukan tenaga yang kuat dari otot-otot lengan dan bahu. Adapun alat yang di gunakan yaitu yang biasa disebut kuda-kuda pelana. Karena di tengahnya ada dua pelana atau pegangan tangan dengan jarak 40 hinga 45 cm. Ukuran batang pelana meiliki tinggi 12 cm dengan lebar 28 cm dan Pelana ini mempunyai 2 (dua) buah batang melengkung. Adapun Ukuran yang yang di gunakan meiliki tinggi punggung kuda-kuda sebesar 1.10 meter diukur dari lantai dan memiliki panjang 1.60 meter dengan lebar 35 cm.

3.Senam Kuda-Kuda Lompat (Horse Vault)

Jenis senam ini tergolong paling sederhana dari cabang senam artistik. Proses pelaksanaan pada senam ini biasanya diawali dengan atlet yang berlalri mendekati kuda-kuda, kemudian melakukan tolakan dari papan lompat. Selanjutnya seorang atlet meletakkan kedua tangannya pada permukaan kuda-kuda dan kemudian melakukan gerakan terbang dengan cara akrobatik di udara dan diakhiri dengan pendaratan.

4.Senam Palang Tunggal (Horizontal Bar)

Senam Palang tunggal adalah salah satu alat untuk latihan yang sangat menarik dalam olahraga senam. Lingkaran dan ayunannya yang menjadikan jenis latihan ini sangat populer di kalangan masyarakat.
Adapun Gerakannya yang ada pada palang tunggal merupakan gerakan ayunan yang mengelilingi palang dan dilanjutkan dengan perubahan arah dan pegangan tangan. Sesudah itu ketika selesai beraksi dan turun, maka atlet akan melepaskan pegangan di palang kemudian melayang di udara dan melakukan pendaratan.

5. Senam Balok Keseimbangan (Balance Beam)

Pertandingan senam balok di perutukan hanya putri saja. Adapun untuk Gerakan Gerakan dari senam balok yaitu memutar, meliuk, keseimbangan, latihan-latihan sambil duduk dan telungkup, langkah lompat, pembalikan, kesemuanya dalam pola berirama. Dan ukuran dari Balok Beam ini memiliki lebar 10 cm dan panjang 5 M, tebal balok 16 cm dan dipasang pada kaki dengan ketinggian 120 CM.

Mudah-mudahan artikel tentang 5 Jenis-Jenis Senam yang dilombakan bisa bermanfaat bagi kita semua dan  terimakasih atas perhatiannya . Salam sehat untuk Indonesia Tercinta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *