Home » Pendidikan » Tips Cara Belajar Efektif Di Masa Pandemi Covid-19 Yang Perlu Di Lakukan

Tips Cara Belajar Efektif Di Masa Pandemi Covid-19 Yang Perlu Di Lakukan

  • by

Pada saat ini penyakit corona atau covid-19 sedang melanda seluruh dunia. Penyakit ini pertama kali di temukan dikota Wuhan,China pada akhir desember 2019. Virus ini merupakan penyakit yang cepat menular dan bisa menyerang ke siapa saja dan tak pandang usia, mulai dari bayi, anak-anak, hingga dewasa.

Dalam rangka mencegah penyebaran covid-19 , Pemerintah Indonesia mengeluarkan kebijakan untuk memberlakukan lockdown.Di negara kita sendiri sudah menetapkan Kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk mencegah penyebaran virus Covd-19 ini.Dengan berlakunya PSBB , Semua Kegiatan di luar rumah harus di hentikan sampai waktu yang belum di tentukan. Contohnya di sekolah , Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) pun harus di lakukan dengan Metode Pembelajaran Sistem Daring (dalam jaringan ) atau online.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan ( KemenDikBud) sudah mengeluarkan Surat Edaran No 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disaese (COVID-19).Di saat pandemi covid-19 seperti ini, ada beberapa model-model pembelajaran yang bisa di pakai yaitu :

Pembelajaran dengan mode Daring ( Dalam Jaringan) yaitu pembelajaran yang tidak terlepas dari jaringan internet. Dalam pembelajaran ini ada beberapa hal yang perlu kita lakukan di antaranya :

  • Membuat Kelas Maya (Digital)

Dalam membuat kelas maya ini ada bebarapa platform atau portal yang bisa kita manfaatkan, di antaranya : google classroom dan whattsap Group

  • Tata muka menggunakan Meeting Room (Room Digital )

Pembelajaran Tatap Muka secara digital bisa kita lakukan dengan memanfaatkan sebuah platfrom yaitu Microsoft Team . Tapi Cara Ini sangat Tidak di cocok dengan sekolah yang ada di kampung, karena keterbatasan alat adalah factor utamanya.

  •  Menonton Video Pembelajaran Secara Online

Dalam Menonton video pembelajaran secara daring bisa di lakukan dan memanfaatkan sebuah aplikasi yaitu youtube, Ruang Guru , dan masih banyak aplikasi lainnya yang menyediakan  pembelajaran secara gratis.

Berikut 3 Cara Belajar Paling Efektif Di saat Pandemi Yaitu :

a) Gunakan Kouta Internet Dengan Bijak

Banyak peserta didik yang kurang bijak dalam menggunakan kouta,bisa saja kouta yang di belikan orang tua untuk belajar malah di pake main mobil legend dan menonton drama korea. Di Saat pandemi seperti ini penggunaan handphone dan komputer yang bisa mengakses internet sanagat urgent di lakukan, sehingga kalian bisa menghemat kouta internet kalian . Jangan sampai Ketika guru memeberikan pelajaran , kalian beralasan denagan
tidak ada kouta .

b) Belajar Memanfaatkan Fasilitas Yang Tersedia

Jika Kalian sangat Terbatas dengan kepemilkan kouta , kalian harus bisa memanfaatkan fasilitas tersedia dengan cara bisa ikut bergabung dengan teman dan bisa mempelajari sebuah buku pegangan yang di pinjamkan sekolah.
Hal ini harus tetap di lakukan , tanpa alas an apapun. Sehingga kalian masih bisa belajar , belajar, dan terus belajar .

c. Belajar dengan Siapa Saja Dan DI mana Saja dan Kapan Saja.

Intinya Jika kita mengalami keterbatasan menegenai kouta ,sedangkan pembelajaran daring harus tetap di lakukan jangan khawatir kita bisa ikut atau nebeng dengan siapa saja missal teman dan tetangga kita.

Mudah-mudahan artikel tentang Tips Cara Belajar Efektif Di Masa Pandemi Covid-19, bisa bermanfaat bagi peserta didik di seluruh nusantara. Salam Pendidikan untuk Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *