Home » Kartu Prakerja » Tips Sukses Interview/ Wawancara Kerja Yang Perlu Anda Tahu !

Tips Sukses Interview/ Wawancara Kerja Yang Perlu Anda Tahu !

  • by

Sukses interview/ wawancara kerjaWawancara adalah suatu percakapan antara dua atau lebih orang yang di lakukan oleh pewancara dan narasumber. Fungsi wawancara adalah untuk menggali inforrmasi dari narasumber. Tujuann wawancara adalah supaya mendapatkan informasi yang tepat dari narasumber dengan menyamaikan beberapa pertanyaan tertentu kepada narasumber.

Kenaapa Wawancara Penting ??

Wawancara sangat penting karena bertujuan untuk menggali informasi yang akurat dari narasumber. Missal Ketika kita mau melamar kerja , tentunya tahp-tahap untuk bisa kerja di perusahaan itu adalah salah satu nya kita harus dalam tes wawancara. Jadi bisa di simpulkan bahwa wawancara sangat penting.

 3 Hal yang di perhatikan oleh pewancara

Sebelum  proses wawancara di mulai, pewancara  tentunya bisa menilai ciri-ciri seorang calon karyawan, tapi , penilaian yang paling pokok adalah Ketika berlangsungnya wawancara, dan biasanya gerak-gerik kita selalu di perhatiakan ya guys.

  1. Pakaian

Pakaian yang anda pakai biasanya di perhatikan dan memberikan kesan yang penting bagi pewawancara. Jadi pakailah pakaian yang rapih dan bersih dan harus di Sesuaikan juga  pakaian yang kamu kenakan dengan lingkungan perusahaah  tersebut. Tak hanya itu , jngan lupa juga untuk tidak memakai aksesoris yang mungkin dapat merusak jalannya wawancara kerja.

  1. Bahasa tubuh

selama jalannya  wawancara kerja yang harus diperhatikan juga adalah bahasa tubuh anda sehingga dapat memberikan kesan yang baik dengan pewawancara. Jangan sampai ucapan dari mulutmu terlihat antusias, tapi ekspresi wajahmu tidak memperlihatkan kegembiraan. Dan saran saja hati-hati Ketika berbicara , karena mulutmu harimaumu.

  1. Ketepatan waktu

Sebagai calon karyawan kita  harus datang tepat waktu saat wawancara kerja. Artinya, 5-10 menit sebelum wawancara kamu sudah harus siap di lokasi wawancara. Datang lebih awal sangat di sarankan, karena mencegah hal yang tidak diinginkan. Misal Ketika kita dalalm perjalnanan kendaraan yang kita tumpangi, ada kendala seperti betus ban dan lain-lain.

Siap Bekal Sebelum Wawancara

Rasa deg-degan dan tak karuhan mungkin pasti akan di rasakan Ketika Sesaat sebelum tiba urutan kita dipanggil wawncara. Tips nya Kendalikan pikiran dan kuasai situasi, caranya kita bisa mengobrol ke sesama pelamar yang menunggu wawncara.Coba lah mencari topik yang ringan untuk di obrolkan  dengan tujuan membantu perasaan menjadi lebih santai . Siapa tahu setelah ini kalian malah bisa berteman.

Setelah Wawancara Kerja

Ketika kita  setelah wawancara kerja menjadi hal yang sangat utama  dan dapat membantu Anda untuk mendapatkan nilai lebih dibandingkan pelamar lain .faktanya dominan  perusahaan berharap para kandidat bisa menindaklanjuti lamaran mereka setelah wawancara kerja.

Berikutlangkah yang harus di tempuh  setelah wawancara kerja

  1. Kirim email diantara 24 jam

Mengirim email adalah cara paling ampuh walaupun sederhan, untuk mengucapkan terima kasih kepada pewancara. Terkadang banyak pelamar merasa bahawa Tindakan itu  dianggap sebagai hal yang tidak sopan untuk menyampaikan terima kasih, wawancara kerja telah menjadi bagian dari pekerjaan interviewer.

  1. Batasi Bentuk Komunikasi Lain

Seharusnya kita sebagia pelamar harus bisa membatasi menghubungi perusahaan atau interviewer setelah wawancara kerja. Sebagai contoh, menelpon dapat menganggu interviewer yang mungkin sedang sibuk dengan aktivitas mereka. Anda boleh menelpon untuk memastikan status lamaran Anda jika memang batas waktu yang diberikan oleh perusahaan telah tiba.

Tipe wawancara yang perlu di waspadai

Banyak  pula dari pelamar yang telah lulus dalam test tertulis akan tetapi gagal dalam tahap interview atau wawancara. Tapi pada kali ini mimin akan bagikan artikel tentang Tipe wawancara

  1. Mengapa kami harus mempekerjakan Anda?

Ini peluang Anda untuk “menjual” diri Anda.jelaskan secara singkat tentang kelebihan yang Anda miliki, kualifikasi Anda dan apa yang dapat Anda sumbangkan bagi perusahaan tersebut. Hati-hati , jangan memberikan jawaban yang terlalu umum. Hampir setiap orang mengatakan mereka merupakan seorang pekerja keras dan memiliki motivasi. Berikanlah jawaban yang memperlihatkan keunikan yang Anda miliki.

  1. Mengapa tertarik bekerja di perusahaan ini?

Pertanyaan tersebut merupakan salah satu alat bagi seoang pewancara untuk mengetahui apakah Anda mempersiapkan diri anda dengan baik. Dengan mempunyai informasi yang cukup mengenai latar belakang perusahaan tersebut maka pertanyaan di atas memberikan kesempatan kepada Anda untuk memperlihatkan inisiatif, dan menunjukkan apakah pengalaman serta kualifikasi yang Anda miliki sepadan dengan posisi yang diperlukan.

  1. Apa kelemahan utama Anda?

Tipsnya dalam menjawab pertanyaan di atas adalah dengan berucap  jujur mengenai kelemahan Anda, tapi harus pula menjelaskan bagaimana Anda mengubah kelemahan tersebut menjadi kelebihan. contohnya, bila Anda memiliki masalah dengan perusahaan terdahulu, perlihatkan langkah yang Anda ambil.

mudah-mudahan informasi mengenai Sukses interview/ wawancara kerja  bermafaat bagi anda calon pemaar kerja . thank you

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *