Home » Hidup Sehat » 4 Cara Membersihkan Gigi Yang Perlu Di Ketahui

4 Cara Membersihkan Gigi Yang Perlu Di Ketahui

  • by

Cara Membersihkan Gig

i -Gigi merupakan alat yang berfungsi untuk mengolah dan mengunyah makanan agar mudah di cerna. Agar gigi tetap sehat dan kuat, maka diperlukan untuk memebersihkan gigi setiap saat. Secara umum gigi memiliki bagian gigi di antaranya puncak/mahkota gigi, leher gigi, dan akar gigi.

Secara teori, maka tiap sehabis makan, orang harus membersihkan giginya. Bila orang membersihkan giginya 3 kali sehari, yakni pagi hari sesudah makan pagi, siang hari sesudah makan saing, dan malam hari sebelum tidur, hal ini adalah baik sekali. Tetapi biasanya orang hanya membersihkan gigi 2 kali sehari, yaitu pagi sesudah makan pagi (awas bukan pagi hari setelah bangun tidur) dan malam hari sebelum tidur. Lebih membersihkan gigi sebelum tidur malam penting sekali.

Keterangannya adalah sebagai berikut: pada malam hari ludah yang dikeluarkan oleh kelenjar ludah sedikit sekali. Antiseptic alam yang terdapat dalam ludah itu dengan sendirinya akan kurang sekali. Bila gigi tidak bersih, sedangkan zat antiseptic tersebut kurang, maka penyakit lebih mudah timbulnya.

Berikut Cara Membersihkan Gigi  Yang Mesti Di Lakukan

a.Tusuk gigi

tusuk gigi dapat menghilangakn makanan yang ada dalam celah antara gigi, tetapi tidak dapat menghilangakn sisa yang ada permukaannya. Keburukan tusuk gigi adalah dapat merusak email, bila menggunakan terlalu kasar.

b.Sikat  Gigi

Cara ini paling bermanfaat. Yang penting dalam menggunakan sikat gigi adalah teknik dari cara menyikatnya. Sikat gigi harus digunakan demikian rupa, sehingga semua celah antara gigi dapat dicapai, dengan demikian dapat menghilangakn sisa makanan yang ada pada tempat itu. Kecuali ini juga digosokkan sehingga lapisan makanan yang pada permukaan gigi dapat dihilangkan. Menggerakkan sikat gigi ke kiri dan ke kanan sebenarnya salah, karena dapat merusak lapisan email yang tipis dan leher gigi. Yang baik adalah gerak ke atas ke bawah dan gerak putar untuk membersihkan permukaan gigi yang datar. Jangan lupa membersihkan pula bagian dari gigi yang berbatasan dengan lidah. Biasanya orang menyikat gigi dengan sikat gigi yang diberi obat gogok gigi (tooth paste).

Obat ini memang dapat memberi rasa segar, tetapi tentang daya anti septic biasanya amat dibesarkan. Yang penting adalah ara menyikat, bukan macam toothpaste yang dipakai. Kadang kita melihat orang membersihkan dengan batu bata merah yang ditumbuk halus. Cara ini kecuali tidak bisa menghilangkan sisa makananyang ada di celah gigi, juga tentu akan merusak email gigi. Ada orang yang suka menyikat gigi dengan air hangat, ada yang suka dengan air dingin. Biasanya kalau air yang dipakai itu terlalu panas, maka bulu sikatnya menjadi lunak, sehingga brushing effect agak kurang sedikit. Setelah selesai membersihkan, sudah barang tentu sikat itu harus disimpan di tempat yang bersih dan kering dan harus sering di desinfeksi.

c) Dengan benang sutera

Ada suatu cara yang disebut “the flass silk method”. Pada cara ini digunakan untuk benang sutera yang khusus dibuat untuk itu. Benang itu dimasukkan antara gigi, lalu digerakkan, cara ini dapat membersihkan celah antara gigi dengan seksama. Bahayanya adala dapat merusak gigi bila kurang berhati-hati menggunakannya. Di Indonesia, cara ini belum lazim digunakan orang.

d) Dengan air soda.

Dengan suatu alat tertentu air soda yang diberi suatu zat antiseptic disemprotkan ke dalam ronggamulut. Cara ini baik juga tetapi mahal. Di Indonesia, belum lazim.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *