Home » Buku IPA » Pengertian Gaya Dan Jenisnya

Pengertian Gaya Dan Jenisnya

  • by

 

pengertian gaya dan jenisnya

pengertian gaya dan jenisnya

Pengertian Gaya Dan Jenisnya-Gaya adalah tarikan atau dorongan. Gaya dapat mengubah bentuk , arah, dan kecepatan benda.Misalnya benda plastisin,kamu dapat melempar plastisin, menghentikan lemparan (menagkap) plastisin atau bahkan mengubah bentuk plastisin dengan memebrikan gaya. Tahukah kamu , gaya apakah yang di berikan pada plastisin tersebut ? Ada berpa jenis gaya yang dapat kita temukan dalam kehidupan sehari-hari

Jenis- Jenis Gaya

Gaya dapat di bedakan menjadi gaya sentuh dan gaya tak sentuh, gaya sentuh contohnya adalah gaya otot yang dan gaya gesek. Gaya otot adalah gaya yang ditimbulkan oleh koordinasi otot dengan rangka tubuh. Misalnya seorang hendak memanah dengan meanrik mata panah kearah kebelakang (lihat Gambar). Gaya Gesek adlah gaya yang diakibatkan oleh adnaya dua buah benda yang saling bergesekan. Gaya gesek selalu berlawanan arah dengan gaya yang di berikan oleh benda. Contohnya adalah gaya gesekan antara meja dan lantai.meja yang di dorong ke depan akan bergerak kedepan , namaun pada waktu yang bersamaan meja juga akan mengalami gaya gesek yang arah nya berlawanan dengan dengan arah gerak meja.

Download Power Point Sistem Reproduksi Pada Manusia Kelas 9

Pengertian Pembelahan Sel Mitosis Dan Meiosis

Macam-Macam Penyakit Pada Sistem Reproduksi Manusia

Gaya tak sentuh adalah adalah gaya tidak membutuhkan sentuhan langsung dengan benda yang di kenai. Contohnya seperti saat kita mendekatakn ujung magnet batang dengan sebuah paku besi. Seketika paku besi akan tertarik dan menepel pada magnet batang. Hal tersebut di sebabkan oleh adanya pengaruh gaya magnet yang ditimbulkan magnet baatang. Selain gaya magnet , gaya gravitasi pada pada orang sedang terjun payung juga merupakan contoh gaya tak sentuh. Lebih lanjut tentang gaya dan interaksinya terhadap gerak benda akan di bahas pada pembahasan tentang Hukum Newton tentang Gerak. sampai jumpa lagi di posstingan berikutnya dan mudah-mudahan bermanfaat ya buat kalian semua. semangat lagi untuk belajar agar  indonesia bisa lebih maju…Thanks For Reading.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *