Home » Soal UT » Cara Mengajukan Alih Kredit Universitas Terbuka (UT)

Cara Mengajukan Alih Kredit Universitas Terbuka (UT)

alih kredit ut

cara mengajukan alih kredit ut

Hai guys, dimanapun kalian berada, pada postingan kali ini admin akan bagikan cara mengajukan  Alih Kredit Universitas Terbuka (UT). Sistem Alih kredit merupakan RPL yang selama ini diberlakukan oleh UT. Alih kredit merupakan pengakuan terhadap pengalaman belajar dan kelulusan mata kuliah yang telah diperoleh mahasiswa dari suatu perguruan tinggi.

Bagaimana Proses Alih Kredit ?

a) BAAPM melakukan pemeriksaan persyaratan administrasi berkas usulan alih kredit yang diajukan pemohon.

  1. Bila persyaratan usulan alih kredit telah lengkap dan sesuai dengan persyaratan yang berlaku, usulan tersebut diteruskan ke Fakultas yang dituju untuk pemrosesan lebih lanjut.
  2. Bila persyaratan usulan alih kredit belum lengkap, BAAPM mengembalikan kepada pemohon untuk dilengkapi.

b) Fakultas memproses dan menilai usulan alih kredit dan menyiapkan draf Surat Keputusan Dekan tentang penetapan mata kuliah yang dapat di alih kredit.

  1. Fakultas mengirimkan draf Surat Keputusan Dekan kepada Kepala BAAPM.
  2. BAAPM melakukan proses key in mata kuliah hasil alih kredit dan mengirimkan SK alih kredit beserta lampirannya ke fakultas untuk mendapatkan persetujuan.
  3. BAAPM mengirimkan SK alih kredit beserta lampirannya kepada mahasiswa pemohon dan tembusan kepada kepala UPBJJ-UT terkait.

Contoh Soal UAS UT MKDU4109 Ilmu Sosial Dan Budaya Dasar

Cara Upload Karil UT Via Karil.ut.ac.id

Bagaimana prosedur pengajuan alih kredit ?

Permohonan alih kredit dapat dilakukan bila pemohon sudah menjadi mahasiswa UT. Permohonan ditujukan kepada Dekan Fakultas yang bersangkutan melalui Kepala BAAPM. Formulir alih kredit dapat diperoleh di UT Pusat c.q. Subbag. Pelayanan Mahasiswa (Subbag Pelma), atau UPBJJ-UT setempat.

Permohonan alih kredit dari perguruan tinggi lain ke UT Permohonan alih kredit bagi mahasiswa atau alumni dari perguruan tinggi lain ke UT diusulkan setelah melakukan registrasi pertama di UT. Usulan dilakukan dengan cara mengisi formulir pada Lampiran 19, 21, dan 22 yang dapat di download pada situs UT (katalog).

Permohonan alih kredit dari UT ke UT Permohonan alih kredit dari UT ke UT dilakukan dengan cara sebagai berikut.

Bagi mahasiswa, melakukan registrasi ulang mata kuliah terlebih dahulu pada program studi yang akan dituju dengan menggunakan NIM lama. Usulan dilakukan dengan cara mengisiformulir pada Lampiran 18 dan 20.
Bagi alumni, melakukan registrasi pertama terlebih dahulu pada program studi yang akan dituju. Usulan dilakukan dengan cara mengisi formulir pada Lampiran 17 dan 20.
Sebelum mahasiswa mengajukan alih kredit, terlebih dahulu mahasiswa harus melihat dan mencocokkan data pribadi pada NIM Lama dan NIM Baru, terutama data: Nama dan Tanggal Lahir dan Pendidikan Asal, misalnya pada NIM lama datanya adalah SMA, maka pada NIM Baru datanya harus disesuaikan, misalnya dengan: DI, DII, atau DIII. Jika data Nama, Tanggal Lahir, dan Pendidikan Asal tidak sesuai, maka mahasiswa harus mengubah Data Pribadi terlebih dahulu ke Bagian Registrasi (BAAPM).

Dalam  mengajukan permohonan Alih Kredit, kita bisa  langsung datang atau mengirimkan Form beserta kelengkapannya ke UPBJJ-UT atau UT Pusat dengan alamat :
Bagian Administrasi Akademik dan Kelulusan, d/a. Jalan Cabe Raya, Pondok Cabe, Pamulang, Tangerang Selatan 15418.

Download Formulir Alih Kredit UT

kalian Bisa mendowload di link ini http://fe.ut.ac.id/alih-kredit/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *