Home » Soal UT » Download Contoh Soal TAP Manajemen (EKMA4500)

Download Contoh Soal TAP Manajemen (EKMA4500)

  • by
TAP EKMA4500

TAP EKMA4500

Tugas Akhir Program (TAP) Manajemen (EKMA4500) merupakan mata Kuliah yang wajib di tempuh oleh mahasiswa Universitas Terbukan(UT)  bidang program study  S1  Manajemen.

Syarat Mengambil Mata Kuliah TAP EKMA  4500 ada beberapa MK pendukung yang harus kalian tempuh terlebih dahulu di antaranya sbb.

  1. Manajemen Keuangan
  2. Manajemen Operasi
  3. Manajemen Pemasaran
  4. Manajemen Sumber daya Manusia

Oa mimin lupa, untuk memudahkan kalian lulus dalam MK ini mimin akan membagikan contoh soal TAPEKMA 4500, yang kalian bisa unduh lewat Link GOOGLE DRIVE Ini

https://drive.google.com/file/d/1M91FvMlz9aUriyVHBUmL1kV8F4UaieaW/view?usp=sharing

temen-temen juga bisa membaca Download Contoh Soal TAP Ilmu Hukum (HKUM4500)

Cara Login Latihan Mandiri UT (lm.ut.ac.id)

Latihan Soal Ujian UT Mata Kuliah Manajemen (EKMA4116)

NASKAH UJIAN

TUGAS AKHIR PROGRAM (EKMA4500)

PROGRAM STUDI MANAJEMEN

MASA UJIAN 2010.2

Kode Naskah  26; Tgl Ujian : Sabtu, 13-11-10

 

UJIAN URAIAN

MANAJEMEN (EKMA4500)

Penting!

Kerjakanlah soal ujian ini dengan jujur, jika terbukti melakukan kecurangan /contek-mencontek selama ujian, Anda akan dikenai sanksi akademis berupa pengurangan nilai atau tidak diluluskan (diberi nilai E).

Apabila terbukti menggunakan JOKI pada saat ujian, semua mata kuliah yang ditempuh akan diberi nilai E.

 

Pimpinan PT. MAX TOP menyadari betul bahwa agar dapat memenangkan persaingan, perusahaan harus melakukan berbagai efisiensi dan perbaikan di segala bidang, termasuk dalam bidang sumber daya manusia. Saat ini PT. MAX TOP tengah menyusun analisis kebutuhan tenaga IT mengingat tenaga IT merupakan tenaga kerja inti bagi kalancaran produksi perusahaan. Saat ini bagian HRD sedang melakukan riset mengenai probabilitas daya tahan tenaga IT pada dua perusahaan pesaing utama, yaitu PT. Prima Mandiri dan PT.Indo Nusa Telekomindo untuk dibandingkan dengan probabilitas daya tahan tenaga IT PT. Max Top. Data yang dapat dikumpulkan pada bagian ini adalah seperti pada Tabel 1.

 

Tabel 1

Data Probabilitas Karyawan

 

NAMA PERUSAHAAN

 

 

LEVEL KARYAWAN IT TAHUN 2010

 

JUMLAH KEHILANGAN TENAGA IT

PT. PRIMA MANDIRI 500 50
PT. INDO NUSA TELEKOMINDO 400 70
PT. MAX TOP 700 40

 

Sejak tahun 2009 perusahaan menetapkan upah sesuai dengan keputusan pihak manajemen perusahaan. Upah yang diterima para karyawan dibagi dalam dua golongan yaitu :

  1. Gaji bulanan. Gaji ini diberikan kepada karyawan staf tetap yang besarnya antara dua hingga lima juta rupiah setiap bulan.
  2. Upah harian yang dibayarkan seminggu sekali. Upah ini diberikan kepada karyawan tidak tetap yaitu karyawan bagian finishing dan petugas angkut. Besarnya upah antara Rp. 50.000,00 hingga Rp. 60.000,00 per hari.

 

PERTANYAAN :

  1. Hitunglah total biaya untuk setiap lokasi dengan mempertimbangkan biaya tetap dan biaya variable pada kapasitas 400 unit per bulan, kemudian tentukan kota manakah yang sebaiknya dipilih! Jelaskan alasan Saudara!.

(Nilai Maximum : 25%)

  1. Hitunglah payback period tiap-tiap mesin, kemudian tentukan mesin manakah yang sebaiknya dibeli perusahaan. Jelaskan alasan Saudara!

(Nilai Maximum : 25%).

  1. a). Tentukan produk G221 saat ini berada pada tahap apa dalam daur hidup produknya?. Jelaskan ciri-ciri tahapan daur hidup tersebut.

b).   Berdasarkan uraian kasus, strategi pemasaran apakah yang digunakan oleh pihak manajemen PT. Max Top sesuai tahapan daur hidup produk yang sudah Anda pilih pada point a).? Jelaskan alasan Saudara!

c).   Jelaskan bauran promosi produk yang dapat dipilih perusahaan!

(Nilai Maximun [point a, b,c ] : 25%)

  1. a).   Hitunglah probabilitas daya tahan karyawan bagian IT untuk ketiga perusahaan!

b). Tentukan perusahaan manakah yang mempunyai probabilitas daya tahan yang paling baik!

c).   Jika pada perusahaan lain besarnya upah bagian finishing dan petugas angkut berkisar antara Rp. 70.000,00 hingga Rp.80.000,00 per hari, maka sesuai dengan teori keadilan (equity theory) tindakan apa yang kemungkinan akan dilakukan oleh karyawan bagian finishing dan petugas angkut PT. Max Top.

(Nilai Maximun [point a, b, c]: 25%)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *