Home » Pendidikan » Pengertian Pembelahan Sel Mitosis Dan Meiosis

Pengertian Pembelahan Sel Mitosis Dan Meiosis

 pembelahan sel mitosis dan meiosis

pengertian pembelahan sel mitosis dan meiosis

Pengertian Pembelahan Sel Mitosis Dan Meiosis

Sebelumnya kalian telah mengetahui bahwa pada awalnya  manusia berasal dari satu sel, sel tersebut kemudian mengalami pembelahan.

sehingga jumlah sel manusia pada saat dewasa dapat mencapai 200 triliun.pembelahan sel itu sangat penting bagi ke langsungan makhluk hidup.

setidaknya ada tiga alasan menapa sel mengalami pembelahan ? yaitu untuk pertumbuhan, perbaikan, dan reproduksi. menurut teori sel,semua sel hidup berasal dari sel yang sudah ada sebelumnya (omnis cellula e cellula ). Teori ini di nyatakan oleh Rudolf Virchow pada tahun 1855. pembelehan sel di bedakan menjadi pembelehan sel mitosis dan meiosis.

alasan pertama sel mengalami pembelahan adalah untuk pertumbuhan. masih ingatkah kita bahwa ciri makhluk hidup adalah mengalami pertumbuhan? makhluk hidup dapat tumbuh karena sel-sel nya bertambah banyak. semakn bnyak sel pada makhluk hidup,maka semakin besar ukuran makhluk hidup.

alasan kedua adalah untuk perbaikan, karena sebenarnya pada bagian tubuh kita yang mengalami luka tersebut terjaadi kerusakan jaringa.Nah, perbaikan jaringan yang rusak pada tubuh kita adalah hasil dari pembelahan sel.

alasan terakhir, sel mebgalami pembelahan untuk reproduksi.pada proses reproduksi seksual,di perlukan sel kelamin untuk membentuk individu baru (anakan) .proses pembentukan sel kelamin ini di lakukan dengan cara pembelahan sel.

Pengertian Pembelahan Sel Mitosis

Pembelahan Mitosis merupakan tipe pembelahan sel yang menghasilkan dua sel anakan yang mempunyai karakter identik secara genetik dengan sel induk. Arinya , kedua sel anakan yang terbentuk memunyai susunan genetika yang sama dengan induknya, termasuk jumlah kromosom.

jika sel induk memiliki kromosom 2n(diploid), maka jumlah kromosom yang di miliki oleh sel anakan juga 2n . misalnya sel induk memiliki jumlah kromosom 23 pasang atau 46 buah. maka sel anakan juga memliki 23 pasang atau 46 buah. Sel diploid adalah sel-sel  yang kromosomnya dalam keadaan berpasangan.

Pembelahan Mitosis juga merupakam proses yang berkesinambungan yang terdiri atas empat fase pembelahan yaitu profase, metafase,anafase dan telofase.setiap fase pembelahan tersebut memiliki ciri-ciri ysng berbeda.

pada tahap akhir dari fase mitosis yaitu fase telofase,umumnya selalu di ikuti dengan pembelhan sitoplasma yang di sebut dengan sitokinesis.

Pembelahan Meiosis

Pembelahan Meiosis adalah pembelahan sel yang menghailkan empat sel anakan yang masing masing .sel anakan hanya memiliki separuh dari jumlah kromosomsel induk.

dapat dikatakan bahwa jumlah kromosom yang di miliki oleh sel anakan adalah n atau di sebut dengan haploid. oleh karena itu, meiosis di sebut sebagai pembelahan  reduksi.

Berbeda dengan pembelahan mitosis, meiosis berlangsung dalam 2 tingkat yaitu meiosis I dan meiosis II. Meskipun demikian , fase-fase pembelahan meiosis mirip dengan fase-fase pembelahan mitosis.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *