Tips Budidaya Ikan Gurame Cepat Besar Dan Cepat Panen

  • by

Mau Budidaya ikan Gurame  ?

seiring dengan berkembangnya zaman , ternyata ada beberapa cara yang bisa membuat ikan gurame yang anda budidayakan  dan tentunya bisa menguntungkan buat kita lho.

Berikut Cara Budidaya Ikan Gurame Cepat Besar Dan Cepat Panen

Mencari lokasi kolam yang tepat  

Hal pertama yang kalian harus lakukan adalah mencari tempat untuk membuat kolam, kolam untuk ikan gurame yang bagus itu adalah kolam yang  terdapat sinar matahari langsung .karena ikan gurame punya habitat asli di tempat berdataran rendah yanh mana suhunya sekitar 25 hingga 28 derajat celcius.

jadi kita harus menentukan lokasi kolam yang berada di dataran rendah lebih di utamakan dari pada memilih kolam yang berada di dataran tinggi.dan ternyata menurut serorang peneliti bahwa sanya , ikan gurame itu akan cepat tumbuh besar ketika berada di kolam yang memiliki ketinggian maksimal 800 meter di atas permukaan laut.

Memilih Benih Ikan Gurame Yang Sehat

langakah kedua adalah memilih benih ikan gurame yang sehat, ciri- ciri nya adalah ikan gurame yang memilikim bobot  sekita 100 gram, kurang lebih kisaran satu tahunan atau setara 12 bulan.

dengan begitu ,kita akan lebih cepat memanen ikan gurame  dan kita bisa menjual nya ketika bobotnya sudah mencapai 500 gram.

tak hanya itu, kalian juga bisa mencari benih ikan guramenya yang berada di sekitaran lokasi anda , agar beih ikan gurame yang kita beli sudah terbiasa dengan lingkungannya.

karena jika kita membeli ke jauhan ,khawatir ikan guramenya sulit beradaptasi dengan tempat barunya. bahkan bisa menyebabkan setres dan berbuah kematian.

Keringkan kolam  Sebelum Memasukan Benih Ikan Gurame

tips selanjutnya adalah melakukan penegringa kolam di utmakan sekitar 2 mingguan. dan tmabhkan kapur petanian sebanyak 200 gram permeter persegi.selain pakai untuk budidaya ikan gurame anda kedalam larutan kaporit kurang lebih setngah jam dan sialhkan lakukan pengeringan.

“Bila anda menemukan ikan gurame yang terserang penyakit, segera pisahkan dan rendamlah dalamm larutan garam dapur sekitar 20 mg/liter selama satu jam”

Memeberikan Pakan yang banyak mengandung protein Nabati Dan Protein Hewani

pakan yang bagus untuk ikan gurame adalah pakan yang banyak mengandung protein baik nabati maupun hewani.oleh karena itu,anda sangat di anjurkan untuk memberi ikan gurame anda dengan pakan yang memiliki 2 kqndungan protein tersebut.

protein hewani merupakan kandungan protein yang bisa membuat ikan gurame  anda sangat cepat tumbuh dan berkembng. karena ikan gurame sangan membutuhkan sekitar 25% protein hewani .

sedangkan untuk protein nabati,anda bisa memeberikan makanan seperti daun kangkung ,daun singkong,aun talas dan selada air, anda juga bisa memberika enzim komplek sekitar 2% dari pakan pabrik.

mudah-mudah tutorial Budidaya Ikan Gurame ini bermanfaat, dilahkan di share dan komentar jika ada yang di tanyakan.

3 / 5 ( 5 votes )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *