Gerak Pada Makhluk Hidup

Gerak Pada Makhluk Hidup

Pada postingan kali ini saya akan membagikan artikel dengan judul gerak pada makhluk hidup dan benda . Makhluk hidup dapat bergerak karena kemampuannya mengubah energi kimia menjadi energi gerak. Benda dapat bergerak karena mendapatkan gaya luar. Makhluk hidup dan benda tersebut memiliki pola pola tertentu.

Berdasarkan pola pola tersebut, para ahli menyusun hukum-hukum . Hukum-hukum apakah itu?

A.Gerak Pada makhluk Hidup

gerak pada makhluk hidup

Manusia dan hewan memiliki prilaku gerak yang tidak jauh berbeda. Manusia dan hewan sama-sama menunjukan gerakan-gerakan yang mudah di amati. Namun, bagaimana dengan gerak pada tumbuhan ?

Tumbuhan melakukan gerakan sesuai dengan rangsang yang di peroleh. Rangsangan tersebut dapat berupa bahan kimia, suhu, gravitasi bumi, atau intensitas cahaya yang di terima.

Bagaimna tumbuhan dapat di katakan bergerak ?
Bagian apa saja dari tumbuhan yang dapat bergerak?

Contoh gerak Pada Tumbuhan

Gerak menutup daun tumbuhan pada putri malu merupakan tanggapan terhadap rangsang. Arah menutupnya daun putri malu akibat rangsang adalah tetap. Jika daun putri malu di kenai rangsang maka akan terjadi aliran air yang menjauhi daerah yang terkena rangsang. Adanya aliran ini menyebabkan kadar air di daerah yang terkena rangsang berkurang. Sehingga tekanan turgornya mengecil. Akibatnya, daun putri malu akan menutup dan tampak seperti layu. Tekanan turgor adalah tekanan yang di sebabkan oleh isi sel terhadap dinding sel pada sel tumbuhan.

Jika kita amati dengan seksama, ternyata tumbuhan yang melakukan gerakan. Meskipun gerakan pada tumbuhan cenderung lambat, namun masih bisa di amati perbedaannya. Misalnya gerakan yang muncul pada tumbuhan putri malu . Tumbuhan ini akan tampak megucup pada saat kita menyentuhnya. Meskipun tidak ada perpindahan tempat, namun tumbuhan putri malu tersebut masih di anggap bergerak karena gerakan pada organisme tidak selalu merupakan gerak berpindah tempat.

Gerak Pada Makhluk Hidup

Lalu bagaimana dengan tumbuhan lainnya ?
Apakah juga melakukan gerak ?

Gerak Pada Tumbuhan
Gerak pada tumbuhan di bedakan menjadi 3 macam yaitu gerak endonom , gerak higroskopis, dan gerak esionom.

a. Gerak Endonom
Gerak pertumbuhan daun dan gerak rotasi sitoplasma (siklosis) pada sel-sel daun hydrilla verticillata dapat di ketahui pada gerak sirkulasi klorofil di dalam sel .
Gerak ini terjadi secara spontan dan tidak di ketahui penyebabnya, atau tidak memerlukan rangsang dari luar, gerak yang demikian di sebut Gerak endonom, dan di duga berasal dari dalam tumbuhan itu sendiri.

b. Gerak Higroskopis
Adalah gerak bagian tubuh tumbuhan karena pengaruh perubahan kadar air yang di di dalam sel sehingga menjadi pengerutan yang tidak merata. Contoh nya pada tumbuhan polong-polongan yang kulit buah-buahan nya merekah.

C.Gerak Esionom
Adalah ge.rak tumbuhan yang di sebabkan oleh adanya rangsangan dari lingkungan sekitar. Berdasarkan jenis rangsangannya, gerak esionom dapat di bedakan menjadi gerak tropisme,gerak taksis dan gerak nasti.

1) Gerak Tropisme
Gerak tumbuhan yang di amati lewat lewat
Beberapa gejala salah satunya gerak arah.
tumbuhan.
a.) Gerak Geotropisme
Arah gerak bagian tumbuhan baik akar.
Maupun batang contoh tumbuhan kecambah

2).Gerak Taksis
adalah gerak pindah tempat seluruh bagian. tumbuhan yang arahnya di pengaruhi oleh sumber rangsangan.

  1. Gerak nasti
    Adalah gerak sebagian tubuh tumbuhan akibat rangsangan dari luar tetapi arah geraknya tidak di pengaruhi oleh arah datangnya rangsangan. Jenis- jenisnya (niktinasi, fotonasti, seismonasti, dan termonasti, nasti komplek.
  2. Gerak Pada Hewan
    Salah satu sifat makluk hidup adalah bergerak, hewan bergerak dengan berbagai cara, misalnya dapat ada hewan yang berjalan, berlalri, terbang, dan berenag dan merayap dsb.
    Hewan bergerak dengan tujuan untuk melindungi diri dari predator atau mencari mangsa.

2.Gerak Pada Hewan

Contoh Gerak Pada Hewan


Salah satu sifat makluk hidup adalah bergerak, hewan bergerak dengan berbagai cara, misalnya dapat ada hewan yang berjalan, berlalri, terbang, dan berenag dan merayap dsb.
Hewan bergerak dengan tujuan untuk melindungi diri dari predator atau mencari mangsa.

Semoga bermanfaat mengenai Gerak Pada Makhluk Hidup

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *