Menghapus data ganda Di Microsoft Excel

Menghapus data ganda Di Microsoft Excel

Menghapus Data Ganda di Excel – Microsoft Excel (MS-Excel) merupakan program aplikasi spreadsheet (lembar kerja elektronik) canggih yang paling populer dan paling banyak digunakan saat ini.

Excel akan sangat membantu kita dalam hal menghitung, memproyeksikan, menganalisa dan mampu mempresentasikan data dalam bentuk tabel dengan berbagai jenis tabel yang disediakannya, mulai dari bentuk Bar, Grafik, Pie, Line dan banyak lagi.

Karena pada micrososft excel data yang anda masukkan ada yang double atau ganda. Maka Dampak nya akan tidak valid. Dan kalian harus menghapus data ganda pada microsoft excel itu.

Contoh : kalian maemasukan berupa nama-nama anak murid lengkap beserta informasnya. Dan tanpa di sadari data yang anda masukan tersebut double.
Bagaiimana sih cara menghapus data ganda pada microsoft exel ?

Jenis jenis Pointer dan fungsinya

Bagiqn bagian microsoft Excel

Langkah -langkah untuk Menghapus data ganda pada exel

  • Pertama pilihlah data anda untuk disortir
  • Dalam contoh ini data yang dipilih atau di blok adalah data mulai dari cell F2 sampai cell F8.
  • Setelah data di blok kemudian pilih menu Data kemudian pilih dan klik Remove Duplicate.
  • Kemudian akan muncul opsi seperti pada gambar di bawah ini, anda bisa memilih select all atau un select sesuaikan dengan kebutuhan anda.
  • Kemudian klik OK.
microsoft excel

Setelah proses tersebut selesai maka, data yang ganda pada microsoft excel secara otomatis akan terhapus dan excel akan menampilkan

pemberitahuan berapa jumlah data anda yang double dan berapa jumlah data anda yang berbeda.

Sangat simple kan ??, silahkan langsung praktekan pada data anda yang sudah terinput di excel, tujuannya bisa juga untuk mengecek apa data yang anda masukkan sudah benar atau masih ada yang keliru dari segi jumlah.

Atau jika anda tidak mempunyai data, anda bisa mempraktekkan pada computer anda sesuai contoh pada gambar tersebut.

Langkah 2

Karena kita tidak tahu, perpindahan orang-orang, mungkin saja, data yang kita peroleh akan double atau ganda. Nah, dengan cara yang sudah disebutkan di atas anda bisa mengecek sendiri apakah data yang anda masukkan dapam ms. Excel tersebut sudah benar atau masih ada double. Karena bagaimana pun kevalidan dan kebenaran data sangatlah penting, karena jika data yang disajikan salah maka untuk seterusnya juga akan keliru mulai dari pembagian, pengelompokkan, bahkan sampai pengambilan keputusan.

Cara di atas juga akan berguna bagi anda yang bekerja di administrasi perkantoran sebagai alat untuk mengecek kevalidan data nama-nama pegawai baik saat pendaftaran, absensi , gajih pegwai, atau yang lainnya. Sampai di sini tutorial menghapus data ganda pada excel semoga bermanfaat

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *