Mengenal Macam-Macam Alamat Internet

Mengenal Macam-Macam Alamat Internet

Pada saat ini, dengan perkembangan teknologi internet yang cukup maju dan berkembang, banyak sekali alamat di internet dengan nama yang berbeda-beda.

Alamat ini dikenal dengan sebutan situs (situs web). Kumpulan huruf kecil seperti www.yahoo.com www.bakosurtanal.go.id, www.mit.edu, dan alamat situs-situs yang lainnya merupakan nama atau alamat situs dengan ciri dan kumpulan yang berbeda-beda.

Huruf-huruf seperti, .com, .net dan .co.id menunjukkan situs yang dimaksud di negara tertentu dan bergerak di bidang yang berbeda. Penentuan penamaan alamat-alamat situs ini diatur oleh lembaga khusus di Amerika Serikat bernama Internic (Pusat Informasi Jaringan Internet).

Lembaga ini mengeluarkan dan mengganti nama-nama domain sehingga tidak terjadi tumpang tindih alamat, yang dapat dilakukan guna perbaikan. Selain itu, mengatur ini juga memungkinkan pengguna internet dalam mengunjungi dan menggunakan fasilitas yang ada di situs yang dikunjunginya.

Alamat suatu situs di internet biasanya terdiri atas tiga atau empat kelompok huruf yang diselesaikan dengan titik (titik) dan ditulis tanpa spasi. Kelompok huruf pertama terdiri dari tiga huruf yang menunjukkan jenis program / aplikasi internet yang digunakan untuk menuju alamat tersebut.

Kelompok huruf kedua menunjukkan nama lembaga / perorangan pemilik situs. Sementara kelompok huruf ketiga, biasanya tiga huruf-untuk yang berada di luar Amerika Serikat biasanya dua huruf menunjukkan domain (wewenang / bidang garapan). Khusus untuk situs yang berada di luar Amerika Serikat ditambah dengan dua huruf terakhir yang menunjukkan lokasi / negara tempat situs tersebut.

Contoh: www.hotmail.com dapat kita baca sebagai situs di internet bernama Hotmail yang bergerak di bidang komersial, berada di wilya Amerika Serikat dan dapat diakses dengan aplikasi www

Contoh lainnya: www.bapenas.go.id; dapat kita baca sebagai situs di internet bernama Bappenas, merupakan milik pemerintah, dan berada di Indonesia.

Untuk memperjelas pembacaan alamat tersebut dapat di lihat seperti pada gambar keterangan berikut ini.

Mengenal Macam-Macam Alamat Internet

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *