Contoh Soal TWK CPNS Dan CPPK Dan Pembahasaannya

Soal TWK atau Soal Tes Wawasan Kebangsaan Merupakan salah satu kategori soal yang harus di kerjakan pada Seleksi Kompetensi Dasar baik Cpns dan Cppk. Dan pada kesempatan ini mimin akan bagikan Contoh Soal TWK CPNS Dan CPPK Dan Pembahasaannya .

Mudah mudahan bisa membatu teman-teman dalam mengerjakan soal Tes Wawasan Kebangsaan ini dala tea nanti.

Contoh Soal TWK CPNS Dan CPPK Dan Pembahasaannya

Berikut soal nya :

#TWK 1

Wilayah yang dianggap sebagai ekstrateritorial adalah …
A. wilayah lautan suatu negara.
B. lautan bebas yang ada pemiliknya.
C. tempat tinggal suatu masyarakat.
D. lautan milik bersama masyarakat dunia.
E.. tempat bekerja perwakilan suatu negara.

jawaban twk 1

Daerah Ekstrateritorial adalah wilayah tempat berlakunya kekuasaan sebuah negara di luar batasbatas wilayah teritorial negara yang bersangkutan. Contoh : Setiap negara berdaulat atas lautan teritorial yang jaraknya sampai 12 mil laut, diukur dari garis lurus yang ditarik dari pantai.
E.

#SoalTWK 2

Apakah nama merek mesin jahit yang digunakan oleh Ibu Fatmawati untuk menjahit bendera Merah Putih ?

A. Brother
B. Juki
C. Butterfly
D. Jenome
E. Singer

Jawaban TWK 2 E

Mesin Jahit Fatmawati bermerek Singer buatan tahun 1941

Mesin jahit tangan itu bermerek ‘Singer’ buatan tahun 1941 dan terdapat dalam ruang berukuran sekira 3×4 meter, berikut dengan kursi untuk duduk Fatmawati saat menjahit bendera Merah Putih.

#SoalTWK 3

Partai manakah yang mengusulkan adanya versi baru dari film G30/S PKI?

A. PSI
B. Demokrat
C. PPP
D.PDI P
E. PBB
Jawaban TWK 3 D sudah jelas

Pasukan Hizbullah dan Pasukan Siliwangi datang ketika Pasukan PKI menyerang Pondok yang bernama …

A. Gontor
B. Darussalam
C. Miftahul Huda
D. Nurul Hilmi
E. Semua salah

Jawaban TWK 4 A
#SoalTWK 5

Siapakah nama polisi yang menyaksikan langsung proses penyiksaan GERWANI terhadap para jenderal?

A. Sukoco
B. Sumarna
C. Sukitman
D. Suroso
E. Sarwomo

Jawaban TWK 5 C

Pada 30 September 1965 di malam hari, Soekitman sedang menjalankan tugas patroli. Tiba-tiba, terdengar suara tembakan diikuti rentetan letusan senjata. Ia bergegas menghampiri sumber suara dengan sepeda kumbangnya (hadiah bagi polisi berprestasi) ke arah kediaman Jenderal DI Panjaitan. Namun, sekelompok orang menghadang dan menculiknya. Agen Polisi Tingkat II Soekitman ikut dibawa ke Lubang Buaya dan menjadi salah satu saksi penculikan dan pembunuhan beberapa pemimpin TNI dalam Peristiwa G30S/PKI. Atas jasa-jasanya, dia mendapatkan kenaikan pangkat dari AKP (Ajun Komisaris Polisi) menjadi AKBP (Ajun Komisaris Besar Polisi).

#SoalTWK 6

Pada saat prosek tik naskah proklamasi oleh Sayuti Melik, Indonesia meminjam mesin tik U-Boat milik negara …

A. Rusia
B. Inggris
C. Amerika
D. Jerman
E. Jepang

Jawaban TWK 6 D

Tahukah anda, bahwa secara tidak langsung, Nazi Jerman mempunyai ‘peranan’ terhadap jalannya Proklamasi Kemerdekaan? Dengan cara yang unik, mesin ketik yang biasa dipakai oleh awak Kriegsmarine (Angkatan Laut) Jerman pada waktu itu, menjadi factor penting dalam hal penulisan naskah Proklamasi Kemerdekaan bangsa kita tercinta! Fakta menarik lainnya adalah betapa miripnya naskah Proklamasi Kemerdekaan ini dengan dokumen asli yang diperuntukkan pada awak U-boat yang bermarkas di Jakarta!

Kisah nyata ini berawal pada malam tanggal 16 Agustus 1945, bertempat di rumah Laksamana Muda Kekaisaran Jepang, Maeda (Minoru) Tadashi…

Sebuah draft baru saja disiapkan beberapa jam sebelumnya oleh Soekarno, Hatta, dan Soebardjo, yang dikerjakan di rumah Laksamana baik hati tersebut, di jalan Miyako-Doori 1, Jakarta. Maeda sendiri telah pulas tertidur di loteng rumahnya. Sebelumnya dia telah mengambil resiko dengan menyatakan persetujuannya terhadap ide kemerdekaan Indonesia, dan bahkan meminjamkan rumahnya sebagai tempat penyusunan Deklarasi Kemerdekaan.

Naskah tersebut rencananya akan ditandatangani oleh 27 orang anggota Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI), yang sekaligus melambangkan keberagaman Negara Indonesia. Selain itu, hal tersebut juga terinspirasi pada semangat dari Deklarasi Kemerdekaan Amerika Serikat. Tapi kemudian, rencana tersebut mendapatkan tentangan dari sejumlah aktivis muda, yang memandang bahwa Panitia yang dibentuk oleh Jepang itu terlalu Jepang-Sentris dan tidak mempunyai kekuatan untuk mandiri. Kekuatan Jepang yang merosot tajam di kancah Perang Asia akan memunculkan isu kredibilitas yang akan menghambat usaha pengakuan dari negara-negara lain bila kemudian Deklarasi tersebut selesai dibuat. Para aktivis muda tersebut melangkah lebih jauh lagi dengan menuntut supaya merekalah berenam yang akan menandatangani naskah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia! Akhirnya setelah debat yang panas, tercapai kompromi di antara kedua belah pihak yang berselisih, bahwa yang akan menandatangani naskah Proklamasi adalah Soekarno dan Hatta berdua saja, dengan sebelumnya mencantumkan ’atas nama bangsa Indonesia’.

Tapi kemudian masalah yang tak terduga sebelumnya terjadi. Mesin ketik Jepang yang berada di rumah sang Laksamana tidak mempunyai huruf latin di dalamnya dan hanya huruf kanji! Untungnya, salah seorang dari mereka mengetahui dimana bias didapat mesin ketik yang diinginkan pada malam yang selarut itu. Beberapa orang yang hadir segera bergegas pergi menggunakan jip kepunyaan Maeda, Satsuki Mishima, untuk “meminjam” mesin ketik kepunyaan kantor perwakilan Angkatan Laut Jerman (Kriegsmarine) di Indonesia, Korvettenkapitän Dr. Kandeler. Sajuti Melik kemudian mengetikkan naskah yang super bersejarah ini untuk kemudian, keesokan harinya, naskah Proklamasi Kemerdekaan dibacakan oleh Soekarno pada tanggal 17 Agustus 1945.

Saat ini, mesin ketik kepunyaan Kriegsmarine yang digunakan untuk mengetik naskah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia telah “disemayamkan” di bangunan yang sama tempat dulu naskah tersebut didiktekan, yaitu di Museum Perumusan Naskah Proklamasi di jalan Imam Bonjol No.1, Menteng, Jakarta.

#Soal TWK 7

TKR dan Laskar Perjuangan menjadi tentara resmi dengan nama Tentara Nasional Indonesia (TNI), ketetapan itu diresmikan pada tanggal …

A. 1 Juni 1943
B. 2 Juni 1945
C. 3 Juni 1947
D. 5 Agustus 1946
E. Semua salah

Jawaban TWK 7 C

 TKR dan laskar perjuangan menjadi tentara resmi dengan nama Tentara Nasional Indonesia (TNI), ketetapan itu diresmikan pada 3 Juni 1947 dengan menempatkan Jenderal Sudirman sebagai Panglima Besar TNI.

#SoalTWK 8

#SoalTWK 8

Siapakah sosok yang gigih dan terus berjuang dengan membentuk Panitia Bendera Merah Putih sekaligus menjadi ketuanya?

A. Ir. Soekarno
B. Sukarni
C. Mas Mansyur
D. Soewardi Suryaningrat
E. Moh. Yamin

Jawaban TWK 8 D

Ketua Panitia Bendera Merah Putih ialah Soewardi Suryaningrat atas lebih dikenal Ki Hajar Dewantara.

Selamat yang menjawab D

#SoalTWK 9

Bendera Proklamasi Sang Saka Merah Putih dibawa kembali ke Jakarta pada tanggal …

A. 22 Desember 1946
B. 20 Novembee 1947
C. 28 Desember 1949
D. 30 Desember 1950
E. 18 Desember 1954
Jawaban TWK 9 C

Pada tanggal 28 Desember 1949 Bendera Proklamasi Sang Saka Merah Putih dibawa kembali ke Jakarta.

Selamat yang menjawab benar

*#SoalTWK 10

Bendera Proklamasi Sang Saka Merah Putih kembali berkibar di halaman Istana Merdeka pada tanggal …

A. 4 Januari 1950
B. 21 Januari 1954
C. 31 Februari 1957
D. 21 Oktober 1958
E. Semua jawaban salah

Jawaban TWK 10 A

Bendera Proklamasi Sang Saka Merah Putih kembali berkibar di halaman Istana Merdeka pada tanggal 4 Januari 1950

1 komentar untuk “Contoh Soal TWK CPNS Dan CPPK Dan Pembahasaannya”

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *