Penerimaan PPPK Peserta Terbagi 2 Kategori Berikut Penjelasannya

Penerimaan pppk kian ramai jadi perbincangan di kalangan masyarakat luas terutama bagi yang tidak lulus cpns 2018 kemarin Sering banyak mencari tau kapan p3k itu akan di buka..?
Kali ini admin akan bagikan informasi terupdate mengenai p3k terdiri :1.INFORMASI TERKINI PPPK
a. Dasar Hukum PP 49/2018
b. Rekrutmen akan mulai pada februari 2019

2.PESERTA SELEKSI.
a. Pelamar umum adalah pelamar yang harus melewati tes SKD dan SKB dan menggunakan sisem CAT
d. Guru honorer adalah peserta yang di prioritaskan di angkat dan sudah ada data sekitar 150 ribu yang masuk list.

3.MEKANISME KERJA PPPK.
a. Memggunakan sistem KONTRAK
b. Setiap tahun di evaluasi kepala daerah.
C. Tak maksimal bisa di putus kontrak imtimya di butuhkan komitmen yang tinggi.
d. Tetap berada di satu instansi.

Sumber data : KEMENDIKBUD ( Di Olah)

Apa itu PPPK??
PPPK adalah pengelolaan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja untuk menghasilkan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja yang profesional, memiliki nilai dasar, etika profesi, bebas dari intervensi politik, bersih dari praktek korupsi, kolusi dan nepotisme..

Lalu apa yang membedakan dengan PNS?? pasti pertanyaan itu muncul??

Berikut penjelasannya:…..m
Perbedaan pertama….Pegawai Negeri Sipil (PNS) sebagaimana dimaksud UU tersebut merupakan Pegawai ASN yang diangkat sebagai pegawai tetap oleh Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) dan memiliki nomor induk pegawai secara nasional. Adapun PPPK merupakan Pegawai ASN yang diangkat sebagai pegawai dengan perjanjian kerja oleh Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) sesuai dengan kebutuhan Instansi Pemerintah dan ketentuan Undang-Undang ASN.

     Berdasarkan bunyi dari UU ASN Pasal 8 dan Pasal 9 Ayat (1,2) “Pegawai ASN berkedudukan sebagai unsur aparatur negara, yang melaksanakan kebijakan yang ditetapkan oleh pimpinan Instansi Pemerintah, harus bebas dari pengaruh dan intervensi semua golongan dan partai politik,”.

     Perbedaan yang kedua adalah dalam hal masalah gaji. Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 ini menegaskan bahwa seorang PNS berhak memperoleh :

  • a. Gaji, tunjangan, dan fasilitas;
  • b. Cuti;
  • c. Jaminan pensiun dan jaminan hari tua;
  • d. Perlindungan; dan
  • e. Pengembangan kompetensi.

     Adapun PPPK berhak memperoleh:a. Gaji dan tunjangan;

  • b. Cuti;
  • c. Perlindungan; dan
  • d. Pengembangan kompetensi

29 komentar untuk “Penerimaan PPPK Peserta Terbagi 2 Kategori Berikut Penjelasannya”

  1. Dimohon agar di perhatikan yg mengabdi di pendidikan non formal paud, dan agar Pak JOKOWI Presiden memberikan kebijakan bagi yg lulusan SMA yg sdh mengabdi bertahun tahun, bukan bg S1 yg br mengabdi.
    Terima kasih

  2. Dimohon agar di perhatikan yg mengabdi di pendidikan non formal paud, dan agar Pak JOKOWI Presiden memberikan kebijakan bagi yg lulusan SMA yg sdh mengabdi bertahun tahun, bukan bg S1 yg br mengabdi.
    Terima kasih

  3. Assalamualaikum, min bagaimana kalau pelamar umumnya hanya mengikuti ujian tes SKD. Apa kah bisa ikut p3k ini? Sesuasi yang di poin A. Peserta seleksi. Trimakasi sbb.

  4. Kalau mau menghapus honorer secepatnya jgn diombang ambingkan.biar cepet move on cari tempat kerja yang lain.Jgn bisanya nyalahin “siapa suruh jadi honorer”..Tindak kepala dinas dan kepsek yang dulu menerima/membiarkan honorer ada.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *